Asal Bisa Calistung, Lulusan SD Bisa Jadi Kepala Desa di Nunukan, tapi...

Kompas.com - 14/04/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi : Pilkades 2019 di Kabupaten Nunukan Dok.DPMPD NunukanIlustrasi : Pilkades 2019 di Kabupaten Nunukan
Editor Rachmawati

KOMPAS.com - Di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, lulusan sekolah dasar berpeluang bisa maju menjadi kepala desa.

Hal tersebut menjadi solusi karena di Nunukan banyak wilayah pedalaman yang tak memiliki calon kepala desa dengan spesifikasi pendidkan setingkat SMP sebagai syarat maju di Pilkades.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa (PMD) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Nunukan Elirath.

Baca juga: Lulusan SD Masih Bisa Jadi Kepala Desa di Nunukan

Ia mengatakan calon kepala desa berijazah SD diperbolehkan ikut dengan syarat lancar membaca, menulis, dan berhitung (calistung).

Mereka diperbolehkan maju setelah ada verifikasi dan pihak kecamatan membuat laporan ke bupati. Setelah ada rekomendasi dari bupati, maka calon kepada desa yang berijazah SD bisa maju di pilkades.

"Tapi itu tentu akan diseleksi melalui verifikasi oleh petugas kami. Kalau memang tidak ada kandidat pantas dengan kualifikasi SMP, Camat akan melaporkan hal itu ke bupati. Nanti bupati mengeluarkan rekomendasi untuk calon Kades yang berijazah SD," jelas Elirath, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Budi Daya Ulat Sutra Nunukan, Impian Hasilkan Kain Khas Kalimantan yang Selalu Kandas

Ia mengatakan saat pilkades, masing-masing desa memiliki calon kepala desa maksimal lima orang.

Elirath tak menampik jika sampai saat ini di Kabupaten Nunukan masih ada sejumlah kepala desa yang berijazah SD.

Menurutnya hal tersebut menjadi perhatian serius karena kepala desa bertanggungjawab dengan anggaran miliar rupiah dari Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD).

Baca juga: Kampung Cerita Nunukan, Upaya Pemuda Tidung Pertahankan Jati Diri

Pilkades serentak diikuti 210 desa

Elirath mengatakan jika Pilkades 2021 akan digelar menyusul masa jabatan kades pada Pilkades 2015 akan habis pada 7 September 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X