Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Labengki Jadi Satu-satunya Desa di Sultra yang Masuk 15 Besar Desa Wisata Nusantara 2023

Kompas.com - 16/11/2023, 13:42 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com – Desa Labengki di Kabupaten Konawe Utara (Konut) berhasil masuk dalam 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Pencapaian ini mengantarkan Desa Labengki menjadi satu-satunya desa di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masuk 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Hal tersebut diketahui setelah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kementerian Desa PDTT) Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait Pengumuman 15 Besar Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023, pada Rabu (15/11/2023).

Berdasarkan hasil penilaian presentasi, wawancara, dan verifikasi lapangan Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023, peserta yang masuk 15 besar dinyatakan lolos hingga tahap akhir.

Untuk diketahui, Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan membagi Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 ini menjadi dua kategori. Pertama, 15 Besar Kategori I : Desa Sangat Tertinggal/Tertinggal/Berkembang. Kedua, 15 Besar Kategori II : Desa Maju/Mandiri.

Nampak pemandangan dari atas salah satu objek wisata di Desa Labengki, Konowa Utara, Sulawesi Utara (Sultra).DOK. Pemkab Konowe Utara Nampak pemandangan dari atas salah satu objek wisata di Desa Labengki, Konowa Utara, Sulawesi Utara (Sultra).

Adapun Desa Labengki yang sangat kaya akan potensi baik potensi wisata, kelautan dan perikanan masuk dalam Daftar 15 Desa Peringkat Terbaik Kategori I bersama 14 desa lainnya dari seluruh Indonesia.

Bupati Konawe Utara (Konut) H. Ruksamin mengaku bangga atas capaian ini. Ia mengatakan, raihan ini merupakan buah dari kerja-kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konowe Utara untuk memperkenalkan Labengki ke dunia luar.

“Saya selaku Bupati, melalui media lokal bahkan nasional selalu mem-blow up tentang potensi yang ada di Konawe Utara, salah satunya Labengki yang juga menjadi salah satu segitiga berlian pariwisata di Konawe Utara bersama Pantai Taipa dan Permandian Air Panas Wawolesea,” ujar H. Ruksamin.

Dengan ditetapkannya Labengki menjadi satu-satunya desa wisata di Sultra, Bupati Konut ini berharap dapat menstimulus desa-desa lainnya untuk menggali dan memunculkan potensi yang ada di desanya. Hal ini agar tercipta masyarakat desa yang sejahtera dan berdaya saing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com