Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pj Gubri Ajak Pemkab Bengkalis Kolaborasi Bangun Jembatan Sungai Pakning-Bengkalis

Kompas.com - 26/03/2024, 19:06 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjabat (Gubri) SF Hariyanto mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis untuk berbagi kewenangan guna mempercepat pembangunan jembatan Sungai Pakning-Bengkalis.

Menurutnya, kolaborasi diperlukan, dengan Pemkab Bengkalis bertanggung jawab atas pembebasan lahan dan analisis mengenai dampak lingkungann (amdal), sementara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menangani detail engineering design (DED).

“Jadi tidak bisa kerja sendiri. Kita harus bekerja sama. Kalau jembatan ini jadi akan sangat luar biasa, Pulau Bengkalis tidak akan terpisah lagi lagi dari daratan Pulau Sumatera,” ujar Hariyanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: Jokowi Resmikan Pembangunan dan Rekonstruksi 4 Bandara di Sulawesi

Ia menegaskan, pihaknya akan membentuk tim percepatan pembangunan jembatan yang melibatkan Pemprov Riau, Pemkab Bengkalis, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Hariyanto saat melakukan Safari Ramadhan di Masjid Nur Ilham, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, Senin (25/3/2024). Kegiatan ini langsung dihadiri oleh Bupati Bengkalis Kasmarni dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Riau.

Hariyanto juga mengungkapkan bahwa ada pihak investor dari badan usaha milik daerah (BUMD) di China yang tertarik untuk membangun jembatan tersebut.

Baca juga: Peretas China Dianggap Bahayakan Infrastruktur Penting, AS Beri Sanksi

“Sudah ada pihak dari BUMD di China yang berminat untuk membangun jembatan itu. Kami juga sudah berbincang dengan perwakilan dari BUMN China itu,” tuturnya.

Mengingat minat investor tersebut, Hariyanto mengajak Pemkab Bengkalis untuk bersiap mendukung pembangunan jembatan.

Dengan artian berbagi kewenangan antara Pemkab Bengkalis, Pemprov Riau, dan juga pemerintah pusat.

“Tugas kita berat. Saya sudah minta jadwalkan untuk bertemu salah satu menteri koordinator (menko) untuk membahas pembangunan jembatan ini. Nanti, Ibu Bupati juga ikut langsung bertemu menko di Jakarta,” katanya.

Baca juga: Menko PMK Minta Prosedur Magang di Luar Negeri Diperbaiki Agar Tak Dianggap TPPO

Bupati Bengkalis Kasmarni menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pj Gubernur Riau yang menyempatkan untuk hadir melaksanakan Safari Ramadhan di Bengkalis.

Ia berharap kunjungan tersebut akan memberikan dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Bengkalis, terutama terkait rencana pembangunan jembatan Sungai Pakning-Pulau Bengkalis, yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

“Terima kasih atas kedatangan Bapak Pj Gubernur Riau. Kami Pemkab Bengkalis tentunya berharap dukungan untuk pembangunan dari Pemprov Riau. Terutama dalam mewujudkan rencana pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia, yakni jembatan Sungai Pakning-Pulau Bengkalis,” kata Kasmarni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com