Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kumpulkan Kepala OPD Se-Riau, Edy Nasution Paparkan 7 Konsep Pembangunan

Kompas.com - 24/11/2023, 15:54 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution mengumpulkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (24/11/2023).

Pada kesempatan itu, Edy memaparkan tujuh konsep pembangunan Riau untuk menuju Negeri Lancang Kuning agar berorientasi pada masyarakat dan menjadi lebih baik pada masa mendatang.

Tujuh konsep pembangunan Riau tersebut, yakni sektor pangan dan pertanian, layanan kesehatan, rumah layak huni, pendidikan dan pelatihan, lapangan pekerjaan dan ekonomi kerakyatan, infrastruktur untuk kemajuan ekonomi, serta kehidupan masyarakat Melayu yang agamis.

Menurutnya, tujuh konsep pembangunan tersebut saling memiliki keterkaitan dan saling berurutan sehingga kesejahteraan masyarakat diharapkan akan semakin meningkat.

"Urut-urutan ketika membawa manusia ini, pertama kenyangkan dulu perutnya (pangan dan pertanian), sehatkan badannya (layanan kesehatan), tenangkan pikirannya (rumah layak huni), berikan pembekalan untuk dia bisa melakukan sesuatu atau berproduksi (pendidikan dan pelatihan), bimbing dia untuk melakukan sesuatu (lapangan pekerjaan),” ujarnya dalam siaran pers. 

Baca juga: Lantik Pj Bupati Indragiri Hilir, Plt Gubernur Riau: Perjuangan Telah Menanti

Setelah melaksanakan konsep tersebut, kata Edy, pemerintah baru bisa mengajak masyarakat ajak berproses atau menghasilkan sesuatu.

Oleh karenanya, Edy meminta seluruh OPD di lingkungan Pemprov Riau saling bersinergi dan bergandengan tangan, sehingga rencana besar tersebut bisa terealisasi dengan baik.

"Kalau berbicara itu harus ada urut-urutannya, bukan hanya sekadar loncat sana loncat sini,” ungkapnya. 

Dia menilai, diperlukan sinergitas, baik internal OPD maupun dengan OPD lainnya, agar tujuan tersebut bisa terwujud.

Edy juga menyebutkan, kebersamaan atau sinergitas merupakan kunci dalam mewujudkan program untuk pembangunan daerah lebih baik.

Baca juga: Galang Dana dari Masyarakat dan ASN Riau, Plt Gubernur Edy Serahkan Donasi Rp 5,641 Miliar untuk Palestina

Pada kesempatan itu, Edy bersama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto juga memberikan arahan terkait penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau 2024.

Edy berharap, penggunaan APBD Riau 2024 disusun dengan berorientasi kepada kebutuhan masyarakat.

“Dengan begitu, semakin banyak manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dari anggaran yang telah ditetapkan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com