Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Galang Dana dari Masyarakat dan ASN Riau, Plt Gubernur Edy Serahkan Donasi Rp 5,641 Miliar untuk Palestina

Kompas.com - 22/11/2023, 18:02 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Brigadir Jenderal (Brigjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Purnawirawan (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution menyerahkan donasi dari masyarakat Riau yang dihimpun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau sebesar Rp 5,641 miliar ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia (RI), Kamis (22/11/2023).

Penyerahan bantuan untuk mengurangi beban masyarakat di Palestina tersebut diterima oleh Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum didampingi Pimpinan Baznas RI Supervisi Riau Achmad Sudrajat.

Donasi yang diserahkan itu juga termasuk dari kegiatan Tabligh Akbar bersama Ustaz Abdul Somad (Datuk Sri Ulama Setia Negara), di Masjid Raya Annur Provinsi Riau dengan tema "Dari Bumi Melayu Riau untuk Palestina," Jumat (10/11/2023).

Baca juga: Pemerintah Masih Hilang Kontak dengan 3 WNI di Palestina Setelah RS Indonesia Diserang Israel

Dalam kesempatan tersebut, Edy mengatakan, kerja sama antara pemerintah daerah (pemda), ulama, dan lembaga zakat telah melahirkan sebuah gerakan penggalangan donasi terbesar di Provinsi Riau yang telah diadakan pada Jumat (10/11/2023).

"Kami juga telah menggerakan aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga honorer di lingkungan Pemprov Riau untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk Palestina. Alhamdulillah, bantuan dari ASN dan honorer Pemprov Riau sebesar Rp 1,1 miliar lebih,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Sementara itu, Ketua Baznas Riau Masriadi Hasan mengatakan bahwa donasi tersebut merupakan tahap pertama.

Baca juga: Himpun Donasi Rp 61 Miliar, Baznas Berangkatkan 51 Ton Bantuan ke Palestina

Baznas Provinsi Riau, kata dia, sampai saat masih membuka donasi hingga akhir November 2023.

"Alhamdulillah hari ini, Kamis (22/11/2023), Baznas Provinsi Riau mengantarkan hasil donasi untuk Palestina dari masyarakat Riau yang langsung diserahkan Plt Gubernur Riau Edy ke Wakil Ketua Baznas Riau Mokhammad Mahdum," ucap Masriadi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Baznas RI Mo Mahdum mengapresiasi semangat masyarakat Riau dalam mengumpulkan donasi untuk membantu masyarakat Palestina.

"Sampai saat ini donasi dari masyarakat Riau merupakan yang terbesar di seluruh Indonesia," ujarnya di Kantor Baznas RI Jakarta.

Baca juga: Himpun Donasi Rp 61 Miliar, Baznas Berangkatkan 51 Ton Bantuan ke Palestina

Sebagai informasi, dalam penyerahan bantuan tersebut hadir Kepala Biro (Kabiro) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Zulkifli Syuku dan tim dari Baznas Riau, di antaranya Wakil Ketua I Baznas Riau Yahanan, Wakil Ketua II Baznas Riau Jamaluddin, Wakil Ketua Baznas Riau IV M Aziz, Kepala Pelaksana Baznas Riau Idris, dan Kepala Bagian Pengumpulan Baznas Riau Ade Kurniawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com