Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Serah Terima Jabatan Danlanud Roesmin Nurjadin, Plt Gubernur Riau Kenang Jasa Nurdin Atasi Karhutla

Kompas.com - 22/11/2023, 15:27 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Brigadir Jenderal (Brigjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Purnawirawan (Purn) Edy Natar Nasution menyampaikan terima kasih kepada Marsekal Pertama (Marsma) TNI Mohammad Nurdin yang telah mengabdi selama enam bulan di Bumi Lancang Kuning.

Terlebih, sebut Edy, peran Marsma TNI Mohammad Nurdin saat bersinergi dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

"Atas nama Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau, rekan-rekan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), masyarakat Riau, mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Marsma TNI Muhammad Nurdin yang sudah bertugas di Provinsi Riau ini kurang lebih enam bulan delapan hari. Sudah banyak Marsekal melaksanakan kegiatan walaupun dalam waktu yang relatif cukup pendek,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Baca juga: Pamit Mau Merokok, Pasien Lompat dari Lantai 3 RS Polri Kramatjati

Pernyataan tersebut disampaikan Edy saat menghadiri acara Malam Kenal Pamit Pemprov Riau bersama Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Roesmin Nurjadin dari Marsma TNI Mohammad Nurdin kepada Marsma TNI Feri Yunaldi, di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Riau, Selasa (21/11/2023).

Sebagai informasi, jabatan Danlanud Roesmin Nurjadin secara resmi diserahterimakan dari Marsma TNI Mohammad Nurdin kepada Marsma TNI Feri Yunaldi dalam acara serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) Marsda TNI Bambang Gunarto.

Dalam kesempatan itu, Edy mengaku, pihaknya sangat merasakan peran dari Satuan Tugas (Satgas) Udara ketika mengatasi karhutla secara bersama-sama.

Baca juga: Curah Hujan Menurun, Karhutla di Palembang Meluas

"Bagaimana kami begitu bingungnya ketika dukungan pesawat itu belum ada untuk keperluan water bombing, juga untuk pembuatan hujan buatan, ini betul-betul membuat kami lelah semua," imbuhnya.

Berkat sinergi yang baik di bawah kepemimpinan Marsma TNI Muhammad Nurdin, lanjut Edy, karhutla di Provinsi Riau dapat teratasi dengan baik.

Dengan demikian, ia berharap, mantan Danlanud Roesmin Nurjadin itu dapat melanjutkan kesuksesannya di tempat yang baru.

"Kalaulah tanpa ada dukungan dari pangkalan angkatan udara (lanud) saya yakin mungkin kondisi kita akan jauh lebih parah lagi,” ujar Edy.

Baca juga: Pengertian Dedikasi: Ciri-ciri dan Contohnya

Oleh karena itu, ia kembali mengucapkan terima kasih terhadap dedikasi yang sudah diberikan Marsma TNI Mohammad Nurdin selama ini, walaupun dalam waktu singkat tetapi sudah dirasakan semua pihak.

Ia juga berharap kepada Marsma TNI Mohammad Nurdin agar bisa lebih sukses lagi saat nanti di tempat yang baru.

Tak lupa, Edy mengucapkan selamat datang serta selamat bertugas di Bumi Lancang Kuning kepada Marsma TNI Fery Yunaldi.

Ia berharap, terjalin sinergi yang baik ke depannya antara Marsma TNI Mohammad Nurdin dan Pemprov Riau sehingga setiap tugas dapat diselesaikan dengan baik.

Baca juga: Pemprov Riau dan Pertamina Patra Niaga Teken MoU untuk Jalankan Hibah Compact-2 MCC di Riau

"Atas nama Pemprov Riau, kami juga mengucapkan selamat bertugas kepada Danlanud Marsma TNI Feri Yunaldy," ucap Edy.

Ia mengaku bersyukur dan berbahagia menyambut kedatangan Marsma TNI Feri Yunaldy.

Edy meminta Marsma TNI Feri Yunaldy untuk yakin bahwa apa yang sudah dilakukan pihaknya kepada Marsma TNI Mohammad Nurdin juga akan diberikan kepadanya, terutama dalam melaksanakan tugas

"Mari kita laksanakan tugas secara bersama-sama, kalau kita bersinergi dengan baik, Insya Allah semua bisa kita laksanakan juga dengan baik, termasuk dengan 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau, saya yakin itu kuncinya," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com