Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bupati Dairi Resmikan Operasi Pelabuhan Silalahi dan KMP Jurung-jurung

Kompas.com - 22/11/2023, 15:09 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu meresmikan pengoperasian Pelabuhan Silalahi di Dusun Batu Horbo, Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Dairi, Sumatera Utara (Sumut) dan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Jurung-jurung.

Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Eddy setelah menerima pemberian ulos oleh tokoh adat di Silahisabungan, Rabu (22/11/2023).

Acara dilanjutkan dengan pengoperasian KMP Jurung-jurung yang diawali dengan ritual Hahomion Mangelek.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan meminta restu dari para leluhur agar perjalanan KMP Jurung-jurung ini dijauhkan dari marabahaya.

Salah seorang perwakilan tokoh adat Raja 18 (Sappulualu) bernama Daulat Rumasingap mengatakan, pihaknya mengantarkan KMP itu dengan doa dan mangelek arwah leluhur pendahulu kita.

Baca juga: Promosikan Wisata, Bupati Eddy: Dairi Siap Jadi Tuan Rumah Aquabike Jetski World Championship 

“Dengan harapan kiranya perjalanan KMP dan pelayanan Pelabuhan Batu Horbo ke depan selalu lancar dan dijauhkan dari marabahaya," Daulat Rumasingap seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Daulat menambahkan, sebagai makhluk beradab dan beradat, manusia sepatutnya menghormati para leluhur pendahulu yang telah mewariskan budaya dan alam yang indah.

“Hal itu sebagaimana filosofi nama Pelabuhan Paropo yang tidak terlepas dari sejarah Paropo yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan dibantu dengan menggunakan kerbau,” ungkapnya.

Peresmian itu dilakukan bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sumut Dadan M Ramdan, General Manager PT ASDP Heru Wahyoni, dan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba Rijaya S.

Peresmian itu juga dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), di antaranya Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Dairi Agus Bahari, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0206 Dairi Goklas Pirtahan Silaban, serta para tokoh adat dan tokoh masyarakat Paropo serta undangan lainnya. 

Baca juga: Rehabilitasi DAS, Perusahaan Tambang di Dairi Tanam Mangrove di Lahan Seluas 60 Hektar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com