Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edy Rahmayadi Ingin Pesantren Menjamur di Sumut

Kompas.com - 11/04/2019, 08:46 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Bak jamur di musim hujan, begitu pula keinginan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dengan pondok pesantren (ponpes).

Kehadiran pesantren tidak hanya memberi kebaikan kepada para santri tapi juga menghidupkan suasana religius lingkungan sekitarnya.

Hal ini disampaikannya saat bersilaturahmi ke Ponpes Al Mukhlishin di Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas.

"Saya senang hadir di sini, apalagi saya dengar banyak hafiz dan hafizah di pesantren ini. Alhamdulillah... Bersyukur saya melihat masih banyak anak-anak yang belajar agama, inilah yang membawa keberkahan di daerah kita. Semoga semakin menjamur pesantren di daerah ini," kata Edy dikutip dari keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Rabu (10/4/2019).

Baca juga: Edy Rahmayadi: Bantulah Pak Wali Kota Bebaskan Sidempuan dari Sampah...

Dirinya memuji Ponpes Al Mukhlishin atas pencapaian yang telah diraih, salah satunya para santri menang di MTQ Nasional.

Pada kesempatan itu, Edy menyerahkan bantuan untuk pembangunan masjid, pesannya, semoga pembangunan dan perbaikan pondok-pondok di pesantren akan meningkatkan prestasi santri.

Silaturahmi dilanjutkan dengan beramah tamah dengan para pengajar dan santri. Selain foto bersama, semua berebut menyalaminya.

Pimpinan Ponpes Al Mukhlishin Sibuhuan KH Achmad Fauzan Nasution menyampaikan, pesantrennya dididirikan pada 1990 oleh seorang tokoh nasional bernama Mukhtar Muda Nasution.

Baca juga: Edy Rahmayadi: ASN Kerja Saja yang Baik, Bukan Mendukung Kampanye

"Beginilah keadaan kami, kondisinya sekarang, seperti yang Bapak lihat. Serba terbatas tapi mudah-mudahan bisa memberi dan berkontribusi bagi daerah dan negara. Kami sangat senang dan bersyukur dengan kedatangan Bapak Gubernur, semoga membawa keberkahan dan cahaya bagi pesantren ini, Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban..." ucapnya.

Dari pesantren ke pesantren

Kunjungan ke pesantren-pesantren ini juga dilakukan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Saat mengunjungi Pesantren Darul Mursyid di Saiparsolokhole, Kabupaten Tapanuli Selatan pada Selasa (9/4/2019), Musa malah diberi gelar Warga Kehormatan oleh Direktur Pesantren Darul Mursyid Ja'far Syahbuddin Ritonga.

Di hadapan ratusan siswa dan masyarakat yang hadir, Musa mengaku kagum dengan keberadaan sekolah terpadu unggulan ini karena konsep keilmuan (sains) dan keagamaan, namun letaknya di pedalaman dengan segudang prestasi.

Dengan bercanda, dia mengatakan rasa sesalnya baru kali ini bisa datang. Sudah lama dia ingin melihat langsung kondisi fasilitas belajar di tengah hutan berbukit. Apalagi direktur sekolah yang didirikan Almarhum H Ihutan Ritonga ini sudah lama dikenalnya.

Baca juga: Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakilnya Musa Jenguk Ani Yudhoyono

“Alhamdulillah kami sampai juga di sini, ini karena izin Allah... Sudah berapa kali diundang dan dijadwalkan lama. Malah sekarang tidak direncanakan, sampai saya di sini. Indahnya daerah ini, ternyata secara arsitektur orang tua kita dulu cukup pintar, termasuk soal ekonomi,” kata Musa.

Modal sumber daya alam memang harus diimbangi dengan pengelolaan yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com