Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Digelar Lebih Menarik, Pj Gubernur Sumut Harap Grand Final APRC 2023 Sedot Banyak Wisatawan

Kompas.com - 25/11/2023, 10:03 WIB
Inang Sh ,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin berharap Grand Final Danau Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 mendorong sektor pariwisata Sumut.

"Acara ini bukan hanya tentang kejuaraan, tetapi juga semangat dan kerja sama menjadi bagian sport tourism dan sport entertainment," katanya.

Dia mengatakan itu usai melepas pembalap Danau Toba APRC 2023 dalam seremoni pembukaan yang diikuti Leg I dan Super SS di Kaldera Normandic, Kabupaten Toba, Jumat (24/11/2023).

Hassanudin berharap, APRC 2023 lebih memberikan dampak ekonomi signifikan ke masyarakat karena ajang kali ini menggabungkan olahraga dan hiburan.

Terlebih, APRC kedua di Danau Toba tahun sebelumnya berkontribusi dalam meningkatkan okupansi penginapan sekitar 80 persen. 

Baca juga: UMP Sumut 2024 Jadi Rp 2.809.915, Pj Gubernur Hassanudin: Perusahaan Harus Terapkan

"Itu artinya, event ini harus terus dilakukan agar memberikan dampak yang lebih besar," katanya dalam siaran pers, Sabtu (25/11/2023).

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan fasilitas bakal lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Dengan begitu, ajang tersebut diharapkan mendorong sektor pariwisata Sumut dengan menarik lebih banyak wisatawan dan memungkinkan untuk event yang lebih besar.

"Tahun depan fasilitasnya lebih baik. Ada jalan dan hotel yang sedang dibangun saat ini. Mudah-mudahan tahun depan kita jadi tuan rumah World Rally Championship (WRC )," kata Ketua MPR RI itu.

Grand Final Danau Toba APRC 2023 diselenggarakan di Kabupaten Toba. Pembalap dari berbagai negara ikut meramaikan ajang ini, antara lain Thailand, New Zealand, Portugal dan India.

Baca juga: HKN Ke-59, Pj Gubernur Sumut Beri Penghargaan kepada Nakes dan Kader Posyandu Berprestasi

Ketua Panitia Harun Mustafa mengatakan, Danau Toba APRC 2023 diikuti pembalap top Asia Pasifik termasuk Indonesia. 

Dari Indonesia, ada Sean Gelael, Rifat Sungkar, Rian Nirwan, Subhan Aksa, dan mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

"Awalnya kuota hanya 60 peserta, tetapi teman-teman dari Jakarta sudah bawa perlengkapan sehingga jadi 67," kata Harun.

Grand Final Danau Toba APRC 2023 akan berlangsung selama tiga hari, yakni 24-26 November 2023. 

Selain APRC, digelar pula IMI National Rally Championship putaran ke-4 yang diikuti pembalap-pembalap nasional.

Hadir pada pembukaan itu Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/BB M Hasan, Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Pakpak Bharat Franc Benhard Tumanggor. 

Baca juga: Naikkan Kelas Usaha Koperasi dan UMKM, Pemprov Sumut Bagikan 1.000 NIB dan Sertifikat Halal Gratis

Hadir juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut, antara lain Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas S Sitorus, Kadis Olahraga Baharuddin Siagian, dan Kadis Pariwisata Zumy Sulthony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com