Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

HKN Ke-59, Pj Gubernur Sumut Beri Penghargaan kepada Nakes dan Kader Posyandu Berprestasi

Kompas.com - 19/11/2023, 18:58 WIB
Yussy Maulia Prasetyani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyerahkan penghargaan kepada sejumlah tenaga kesehatan (nakes) dan kader posyandu berprestasi pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59.

Acara peringatan HKN Ke-59 sendiri dilaksanakan di halaman belakang Kantor Gubernur Sumut (Eks Medan Club) di Jalan RA Kartini Medan, Minggu (19/11/2023).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terhadap kinerja para nakes dan kader posyandu sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan Ibu. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemprov Sumut atas dedikasi Bapak dan Ibu sebagai garda terdepan dalam melaksanakan tugas melayani dan berkontribusi membangun kesehatan bagi masyarakat di Sumut," ucap Hassanudin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

Baca juga: Kunker ke Nias, Pj Gubernur Sumut Salurkan Bantuan kepada Masyarakat

Adapun nakes yang mendapat penghargaan tersebut terdiri atas dokter, apoteker, perawat, bidan, nutrisionis, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku, serta tenaga sanitasi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Didampingi oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumut Dessy Hassanudin, Hassanudin menyoroti peran penting nakes dalam melakukan transformasi kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Hal ini sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945, yakni setiap warga Indonesia berhak mendapatkan akses layanan kesehatan yang layak.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin saat melakukan penyambutan perayaan HKN ke-59 di Sumut, Minggu (19/11/2023).Dok. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin saat melakukan penyambutan perayaan HKN ke-59 di Sumut, Minggu (19/11/2023).

Dalam transformasi kesehatan, ada enam pilar yang harus dipenuhi, yaitu pelayanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, manajemen pembiayaan, teknologi kesehatan, dan transformasi sumber daya manusia (SDM).

Baca juga: Lantik Pj Bupati Tapteng, Pj Gubernur Sumut: Jaga Ketertiban Pemilu 2024

"Pada momentum HKN ini, saya mengajak seluruh elemen kesehatan dan masyarakat untuk terus meningkatkan kolaborasi dan sinergisitas untuk memastikan enam pilar tersebut bisa berjalan agar pelayanan kesehatan kita semakin baik,” ujar Hasanudin.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan menyampaikan, peringatan HKN tahun ini menjadi momentum untuk meningkatkan edukasi, sinergisitas, profesionalitas, dan kapabilitas nakes di Sumut.

“HKN sebagai momentum evaluasi dan meningkatkan kualitas SDM kesehatan, menyoroti isu-isu, seperti fasilitas kesehatan yang ramah masyarakat dan ketersediaan obat-obatan, serta mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat. Lebih baik mencegah sebelum mengobati,” ujar Alwi.

Selain memberikan penghargaan kepada nakes dan kader posyandu berprestasi, perayaan HKN Ke-59 di Sumut juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti pelayanan kesehatan Bina Keluarga Balita (BKB), aksi bergizi, skrining massal kesehatan pekerja informal, donor darah, dan skrining kesehatan lansia.

Sejumlah pemangku kepentingan juga hadir untuk mendukung pelaksanaan acara tersebut. Beberapa di antaranya adalah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut Baskami Ginting, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, serta kepala dinas kesehatan kabupaten/kota se-Sumut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com