Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Kompi Pasukan Kostrad Diturunkan untuk Tangani Karhutla Bengkalis

Kompas.com - 24/02/2019, 21:27 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Pasukan Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) dilibatkan dalam upaya pemadaman api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kini, pasukan tersebut sudah tiba di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia itu, Minggu (24/2/2019) sore.

"Mabes TNI mengirimkan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) Batalyon Armed 10 Kostrad yang berjumlah 100 pasukan untuk membantu pemadaman karhutla di Bengkalis, yakni di Kecamatan Rupat," sebut Kasi Ops Korem 031/Wira Bima Kolonel Inf Patar Sitorus saat diwawancarai Kompas.com usai apel pasukan di Kecamatan Rupat, Minggu.

Dikatakan dia, pasukan Kostrad akan bergabung dengan Tim Satgas Karhutla Riau untuk melakukan pemadaman.

Baca juga: Warga Bantu Padamkan Api Kebakaran Lahan Gambut di Bengkalis

Selain pasukan Kostrad, satu unit helikopter milik Mabes TNI AD juga dikerahkan ke Riau untuk mendukung kegiatan penangggulan karhutla.

"Heli Bell 412 rencananya besok sudah tiba di Pekanbaru, dan selanjutnya akan mendukung pasukan yang sudah ada di Pulau Rupat ini," sebut Patar.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pasukan Kostrad didukung dengan alat-alat untuk pemadaman karhutla.

"Operasi pemadaman karhutla kita terpadu sinergis dengan (Perusahaan) Sinarmas, kita membawa peralatan berupa mesin pompa air sebanyak 28 unit, masker untuk menjaga kesehatan pasukan di lapangan, kemudian sepatu dan sarung tangan untuk kecepatan pasukan kita," kata Patar.

Baca juga: Minggu Pagi, Kabut Asap di Bengkalis Tebal, Jarak Pandang 200 Meter

Pasukan Kostrad belum dipastikan sampai kapan dilibatkan dalam upaya pemadaman kebakaran lahan gambut tersebut.

"Mulai hari ini 24 Februari 2019 sampai dengan ada perintah (pimpinan) selanjutnya," terang Patar.

Meski sebagai pasukan tempur darat, pasukan Kostrad ini, ternyata juga sudah punya pengalaman dalam memadamkan api karhutla.

"Mereka (Kostrad) sudah punya pengalaman (penanggulangan karhutla) sewaktu Asean Games 2018 di Palembang. Pasukan ini sudah terlatih dan profesional untuk melaksanakan pemadaman karhutla.

Baca juga: Panglima TNI Akui Sulit Matikan Api Kebakaran Lahan di Bengkalis

Sementara itu, upaya pemadaman kebakaran lahan gambut di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis terus dilakukan tim gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD masyarakat.

Titik api tersebar di Kelurahan Terkul, Kelurahan Pergam, Desa Sri Tanjung, Desa Teluk Lecah dan Desa Kebumen. Luas lahan yang terbakar saat ini hampir mencapai ribuan hektar. Dampak kebakaran menimbulkan kabut asap yang sangat parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com