Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danau Limboto Terancam Sampah yang Terus Menumpuk

Kompas.com - 05/06/2018, 17:22 WIB
Rosyid A Azhar ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Sampah dai berbagai daerah semakin menumpuk di Danau Limboto di Provinsi Gorontalo.

Tumpukan ini umumnya adalah limbah rumah tangga yang semakin hari kian mengkhawatirkan dan menjadi ancaman serius di masa depan.

Tidak hanya berasal dari msyarakat sekitar danau, bahkan sampah ini juga berasal dari lokasi yang letaknya berjauhan dengan danau terbesar di Gorontalo ini.

Sampah ini hanyut terbawa aliran sungai yang bermuara di Danau Limboto. Terdapat 23 sungai kecil dan besar yang mengalir ke danau.

“Sampah ini menjadi ancaman serius lingkungan Gorontalo. Banyak warga yang menggantungkan hidupnya di danau,” kata Danny Albert Rogi, penggiat lingkungan Perkumpulan Biodiversitas Gorontalo (Biota), Selasa (5/6/2018).

Plastik dan kaleng terlihat menumpuk di pinggir danau. Bahkan sawah warga Kecamatan Tilango dan Telaga Jaya tak luput dari tumpukan sampah.

Baca juga: 97 Rumah Terendam Luapan Air Danau Limboto

Satwa liar seperti burung terpaksa mencari makan di tumpukan sampah. Mereka mengais makanan alaminya dari sela-sela sampah yang berserak di pinggir danau ini.

“Pemerintah Porovinsi Gorontalo harus segera turun tangan, ini masalah serius,” ujar Danny Rogi.

Kebiasaan warga yang membuang sampah sembarangan, termasuk ke sungai, akan bermuara di Danau Limboto.

Belum terlihat ada upaya membersihkan sampah ini. Hanya beberapa petani yang memindahkan sampah ini ke pinggir jalan agar lahannya bisa ditanami. Namun sampah baru terus bertumpuk sepanjang waktu.

"Danau Limboto adalah danau endapa yang kaya substrat sehingga menjadi habitat banyak satwa, kami mencatat ada 94 jenis burung di sini," kata Hanom Bashari, Protected Area Specialist, Enhancing the Protected Area System in Sulawesi for Biodiversity Conservation (E-PASS) Bogani Nani Wartabone.

Baca juga: Saat TNI AL Perangi Enceng Gondok di Danau Limboto...

Kompas TV Beragam permainan tradisional, memeriahkan Festival Danau Limboto yang digelar di Gorontalo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com