Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tak Melulu Pariwisata, Pemprov Babel Dorong Sektor Ekspor ke Pasar Internasional 

Kompas.com - 23/11/2023, 12:57 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki usia ke-23 tahun, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) semakin memantapkan pembangunan ekonomi pascatambang dengan mengunggulkan bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dengan potensi alam dan budaya di Babel, pembangunan ekonomi harus didukung kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, khususnya dalam bidang ekonomi kreatif.

Untuk itu, Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Babel mengadakan pelatihan ekspor bagi wirausaha muda yang diharapkan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi.

Kepala Disparbudkepora Bangka Belitung Wydia Kemala Sari mengatakan, kegiatan pelatihan ekspor merupakan langkah penting dalam memperkuat dan mengembangkan kolaborasi antara sektor bisnis, pemerintah, dan akademisi.

Oleh sebab itu, dia meyakini bahwa pelatihan ekspor akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam perdagangan internasional.

Baca juga: Hapuskan Stunting di Babel, Intervensi Gizi Balita Digencarkan

"Kami percaya bahwa melalui pelatihan ini, wirausaha muda di Kepulauan Babel akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang dalam perdagangan internasional," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (23/11/2023).

Pelatihan itu dilakukan untuk mendorong pengembangan ekspor di tingkat lokal dan membantu wirausaha muda untuk menjadi pemain yang andal dan kompetitif di pasar internasional.

Wydia mengatakan, jika melihat perubahan ekonomi global yang dinamis, sektor ekspor telah menjadi landasan yang kuat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan dapat menciptakan lapangan kerja. 

Maka dari itu, Disparbudkepora terus mendorong pengembangan ekspor di tingkat lokal dan membantu wirausaha muda.

Dia berharap, para peserta akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek dalam ekspor, seperti pemasaran, perizinan, logistik, pengemasan, dan regulasi perdagangan internasional. 

Baca juga: Warga Babel Alami Kekeringan, Mobil Water Treatment Diturunkan

“Semua pengetahuan itu akan menjadi bekal yang berharga bagi mereka untuk memulai dan mengembangkan bisnis ekspor mereka sendiri," harapnya.

Paling baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Belitung menggelar pelatihan yang diikuti sebanyak 35 orang wirausaha muda dari berbagai kabupaten dan kota di Babel bertajuk “Pelatihan Ekspor bagi Wirausaha Muda” di Hotel Grand Safran pada 8-12 November 2023.

Pelatihan itu merupakan platform penting yang dirancang khusus untuk mendukung dan mendorong perkembangan ekonomi melalui sektor ekspor di kalangan wirausaha muda.

Saat ini, Pemprov Belitung telah memiliki berbagai terobosan komoditas ramah lingkungan, seperti sedotan purun. 

Kemudian, ada pengembangan fashion dengan motif lokal, yakni batik sepiak dan perhiasan tradisional akar bahar. 

Baca juga: Kemarau Panjang, Babel Prioritaskan Tanam Padi dan Cabai

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com