Buron 10 Tahun, Terpidana Kasus Penipuan Ditangkap di Magelang

Kompas.com - 30/09/2020, 22:41 WIB
Kajari Purwokerto Sunarwan memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Kejari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (30/9/2020) malam. KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINKajari Purwokerto Sunarwan memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Kejari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (30/9/2020) malam.

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Tim Kejaksaan Negeri Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menangkap seorang terpidana kasus penipuan setelah kabur selama 10 tahun.

Kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto Sunarwan mengatakan, terpidana atas nama Eliza Kartikasari (42) ditangkap di wilayah Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Rabu (30/9/2020) sore.

"Kronologinya terpidana ini dulu menjadi komisaris PT Bumi Moro Arta Kencana. Dia menarik dana dari masyarakat, seperti halnya multi level marketing," kata Sunarwan di kantor kejaksaan, Rabu.

Baca juga: Buron 8 Tahun, Juragan Emas Ditangkap Kejari Purwokerto karena Utang Hampir Rp 1 M

Setiap mitra diminta menyetorkan dana Rp 7,5 juta dan mencari downline enam orang.

Terpidana menjanjikan kepada mitra pada bulan kedua akan mendapatkan Rp 12,5 juta dan pada bulan berikutnya diberikan keuntungan Rp 3,5 per bulan.

"Tapi apa yang dijanjikan tidak diberikan kepada mitra. Total kerugian sekitar Rp 347 juta," ujar Sunarwan.

Atas kasus tersebut, terpidana divonis oleh Pengadilan Negeri selama 8 bulan penjara. Jaksa lantas mengajukan banding dan divonis lebih berat selama dua tahun.

"Dalam rentang waktu itu terpidana mengajukan kasasi, sebelum putusan inkrah masa tahanannya habis, sehingga keluar demi hukum. Saat putusan Mahkamah Agung (MA) turun pada November 2010 yang bersangkutan sudah keluar," jelas Sunarwan.

Baca juga: Buron 9 Bulan Kasus Penipuan Rp 270 Juta, Kades Ditangkap usai Rapat

Sunarwan menambahkan, pihaknya juga saat ini masih memburu mantan suami terpidana. Perbuatan tersebut dulu dilakukan bersama mantan suaminya yang saat itu menjabat sebagai direktur utama.

"Pelaku ini suami istri, tapi setelah keluar dari penjara bercerai," kata Sunarwan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X