Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Warga Surabaya Patuh Protokol Kesehatan, Kok Kasus Covid-19 Melonjak Tajam?

Kompas.com - 17/07/2020, 09:59 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepatuhan warga Kota Surabaya, Jawa Timur, terhadap anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tinggi.

Hal itu terlihat berdasarkan survei yang dikeluarkan oleh Nanyang Technological University (NTU) Singapura bekerja sama dengan organisasi relawan Laporcovid19.org.

Associate Professor Sosiologi Bencana NTU Singapura Sulfikar Amir mengatakan, ada tiga hal yang ditanyakan terkait aspek perilaku kesehatan kepada responden dari Surabaya.

Ketiga hal itu ialah perilaku mencuci tangan, penggunaan masker, dan menjaga jarak.

"Perilaku kesehatan di Surabaya, paling tidak menurut pengakuan responden, itu cukup baik. Sangat baik sebenarnya," kata Sulfikar, dalam webinar Lapor Covid-19 melalui aplikasi Zoom, Kamis (16/7/2020).

Baca juga: Survei: Mayoritas Warga Surabaya Cenderung Anggap Enteng Risiko Terkena Covid-19

Sulfikar menuturkan, ada 43 persen responden yang menyatakan selalu dan 50 persen responden mengatakan sering mencuci tangan setiap hari.

Angka ini cukup tinggi karena secara kesluruhan, yakni sebanyak 93 persen responden menjawab selalu dan sering mencuci tangan untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Sementara, mengenai penggunaan masker, 83 persen responden menjawab selalu dan 15 persen responden mengaku sering menggunakan masker di luar rumah.

Secara keseluruhan, ada 98 persen responden mengaku selalu dan sering menggunakan masker saat keluar rumah.

"Nah, ini paling penting, karena kemarin cukup kontroversial karena ada berita yang mengatakan 70 persen warga Surabaya tidak menggunakan masker," ujar Sulfikar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com