KILAS DAERAH

22 Km Jalan Mabusa-Malimongan Selesai, Perjalanan Sehari Penuh Kini Jadi 3 Jam

Kompas.com - 03/06/2020, 20:46 WIB
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat meninjau pembangunan ruas jalan Mabusa-Malimongan. Dok. Pemkab Luwu UtaraBupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat meninjau pembangunan ruas jalan Mabusa-Malimongan.

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) tetap menyelesaikan ruas jalan Mabusa-Malimongan sepanjang 22 kilometer (km) di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu merupakan salah satu wujud upaya Pemkab Lutra untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan, khususnya dalam menggerakkan ekonomi wilayah perdesaan dengan pembangunan infrastruktur.

Ruas jalan Mabusa-Malimongan sendiri ditujukan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat Kecamatan Seko dan Rongkong.

Jalan yang dikerjakan sejak awal 2018 itu menghubungkan Dusun Mabusa, Desa Rinding Allo di Kecamatan Rongkong dan Desa Malimongan di Kecamatan Seko.

Baca juga: Luwu Utara Raih Opini WTP Ke-8, Bupati IDP: Ini Bukti Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan

Kini, masyarakat sudah bisa menikmati pembangunan jalan karena waktu tempuh antara dua tempat tersebut dapat ditempuh hanya dalam kurang-lebih tiga jam saja.

Padahal, dulunya masyarakat harus menempuh perjalanan seharian penuh. Kondisi makin parah saat intensitas hujan sedang tinggi.

Tentu saja, pembangunan jalan akan memudahkan akses transportasi masyarakat yang ingin menjual hasil komoditas perkebunan mereka.

"Sebelum jalur Mabusa-Malimongan dirintis, masyarakat yang ingin ke Seko Tengah dan Seko Lemo biasanya harus keliling dulu, sehingga jaraknya sangat jauh,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumaha Rakyat (PUPR) Luwu Utara Suaib Mansur dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Ekonomi Luwu Utara Tumbuh 7,11 Persen, Tertinggi di Tana Luwu

Pernyataan itu, ia sampaikan saat mendampingi Bupati Lutra Indah Putri Indriani pada kunjungan kerja peninjauan jalan sekaligus peresmian sarana air bersih di Desa Malimongan, Senin (1/6/2020).

Suaib melanjutkan, dari 24 km, tinggal 2 km lagi yang sementara ini masih dibenahi pihak pemerintah daerah.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X