Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jalan Randublatung-Getas Ditargetkan Rampung Desember 2023, Bupati Blora: Mimpi Lama yang Kami Impikan

Kompas.com - 08/11/2023, 14:47 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Kabupaten Blora Arief Rohman mengatakan, pembangunan ruas jalan Randublatung-Getas ditargetkan rampung pada akhir Desember 2023.

Pengerjaan ruas jalan sepanjang 10 kilometer (km) dan lebar 6 meter (m) itu diharapkan mempermudah masyarakat dari Blora, Jawa Tengah (Jateng) menuju Ngawi, Jawa Timur (Jatim) dan sebaliknya.

Menggunakan konstruksi rigid beton, pembangunan ruas jalan Randublatung-Getas dikerjakan dalam dua paket dengan total anggaran mencapai Rp 53,7 miliar. Anggaran ini berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Dana Instruksi Presiden (Inpres) Jalan 2023.

Untuk diketahui, pembangunan jalan Randublatung-Getas tersebut tak lepas dari kerja keras bupati yang akrab disapa Mas Arief itu.

Baca juga: Mentan Ungkap Rencana Pembangunan Pabrik Gula Rp 3 Triliun di Papua

Selama hampir tujuh tahun, ia memperjuangkan pembangunan jalan tersebut agar terealisasi dan akhirnya diamini melalui peluncuran Pembangunan dan Sosialisasi Inpres Jalan di Balai Desa Bodeh, Kecamatan Randublatung, Blora, Selasa (7/11/2023).

“Saya tadi lewat sudah agak lega, mimpi lama yang kami impikan ruas jalan dari Randublatung-Getas ini perjuanganya luar biasa. Sejak saya dulu jadi wakil bupati (wabup) ketika itu kunjungan saya pertama ke sini, ini baru gol (terwujud) setelah tujuh tahun dengan berbagai lobi yang terus kita lakukan,” ucap Mas Arief dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/11/2023).

Di hadapan kepala desa (kades) dan lurah di wilayah Randublatung dan Kradenan, ia menyampaikan bahwa usulan pembangunan jalan Randublatung-Getas awalnya hampir tidak masuk dalam rencana pembangunan pemerintah pusat.

Meski demikian, Mas Arief tak menyerah. Dengan gigih, ia mendorong usulan pembangunan tersebut agar bisa diakomodasi oleh pemerintah pusat.

Baca juga: Pemerintah Segera Bayar Utang Rp 16,7 Triliun ke Pupuk Indonesia

Pasalnya, ia menilai, usulan jalan tersebut penting dan akan memberikan manfaat bagi perkembangan Blora wilayah selatan.

“Ini adalah usulan prioritas yang kami usulkan ke Bapak Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melalui inpres, sempat tidak masuk, yang keluar (terealisasi) adalah Temulus-Sumber dan Wulung-Klathak,” tutur Mas Arief.

Meski hasilnya tak sesuai, ia tidak menyerah. Akhirnya, Mas Arief menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno untuk menyampaikan aspirasi dari warga Randublatung bagian selatan.

Setelah mendorong dan mengawal usulan tersebut hingga pemerintah pusat, akhirnya pembangunan jalan Randublatung-Getas menemui titik terang.

Baca juga: Gus Halim: Kades Kunci Keberhasilan Pembangunan dan Pemberdayaan Desa

“Alhamdulillah saya dapat kabar beberapa minggu berikutnya, sudah ada peninjauan dan akhirnya masuk dalam anggaran 2023,” jelas Mas Arief.

Ia mengungkapkan, pembangunan ruas jalan yang belum tertangani pada 2023 juga akan diusulkan oleh pihaknya pada 2024.

Kerap kirim dokumentasi ke sejumlah pejabat

Lebih lanjut, Mas Arief bercerita, sejak menjabat sebagai wabup hingga sekarang, ia kerap mengirimkan dokumentasi berupa foto maupun video kondisi ruas jalan Randublatung-Getas ke sejumlah pejabat terkait di kementerian.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com