Walau Pasien Positif Corona 53 Orang Per 7 April, Sumut Belum Ajukan PSBB

Kompas.com - 07/04/2020, 20:13 WIB
Bilik Disinfektan yang disediakan Balitbang Provinsi Sumut ramai didatangi warga, Jumat (27/3/2020). Dok: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi SumutBilik Disinfektan yang disediakan Balitbang Provinsi Sumut ramai didatangi warga, Jumat (27/3/2020).

MEDAN, KOMPAS.com - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, Mayor Kes dr Whiko Irwan dalam konferensi pers via streaming YouTube milik Humas Sumut menyebut jumlah pasien positif Covid-19 di Sumut mengalami kenaikan.

"Untuk pasien COVID-19 meningkat dari hari sebelumnya yaitu 57 orang. Hari ini bertambah menjadi 76 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumut,  Mayor Kes dr Whiko Irwan, Selasa (7/4/2020) sore.

Dijelaskannya, peningkatan angka positif Corona menjadi bukti penularan masih terus terjadi secara masif.

Di mana, dari jumlah yang positif, sebanyak 53 orang melalui tes swab tenggorokan dan metode reaksi berantai polimerase atau lebih umum dikenal sebagai PCR (polymerase chain reaction).

"Sedangkan sisanya (19 orang) dinyatakan positif lewat Rapid Test atau tes cepat," ujar Whiko.

Baca juga: Pertama di Sumut, Seorang Dokter Sembuh dari Virus Corona

Selain itu juga, Gugus Tugas Covid-19 Sumut mencatat bahwa ada tujuh orang yang dinyatakan meninggal dunia.

Kemudian delapan orang dilaporkan sembuh. Menurutnya, kebijakan tanggap darurat harus didukung karena musuh yang dihadapi tidak ak kasat mata.

Menurutnya, masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaannya meski pun sudah ada delapan orang yang sudah sembuh.

"Yang dinyatakan sembuh artinya tidak ada gejala klinis dan tidak ada lagi virus di tubuhnya," terang Whiko.

Whiko juga melaporkan bahwa ada kenaikan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Jumlah PDP yang tengah dirawat saat ini sebanyak 133 orang. Naik dari hari sebelumnya yaitu 127 orang.

"Sementara itu, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3.488. Menurun dari hari sebelumnya yang berada di angka 3.615," kata Whiko.

Baca juga: Status Bencana Naik, Gugus Tugas Covid-19 Sumut Dipimpin Gubernur dan Pangdam

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X