Sungai Ledeng Tercemar Limbah Usus Ayam, Polisi dan Pemkab Turun Tangan

Kompas.com - 09/11/2019, 09:18 WIB
KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍ

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Sebuah aliran sungai di wilayah Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tampak menjijikkan karena dipenuhi dengan sampah.

Selain menjijikkan karena dipenuhi sampah plastik dan limbah usus ayam, aroma tidak sedap juga tercium dari aliran sungai.

Sungai tersebut dikenal sebagai Sungai Ledeng. Lokasinya berada di Dusun Sememi, Desa Modopuro, Kecamatan, Kabupaten Mojokerto.

Hampir sepanjang 200 meter permukaan sungai tertutup sampah. Jenis sampah yang mencemari sungai didominasi sampah rumah tangga berupa plastik dan limbah usus ayam.

Baca juga: Satu Terdakwa Pembunuh dan Pembakar Pria Berkaus Polisi di Mojokerto Divonis Mati

Fenomena sungai Ledeng tertutup sampah dan mengeluarkan bau menyengat menjadi perhatian berbagai kalangan di Kabupaten Mojokerto, sepekan terakhir.

Tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Mojokerto beserta tim dari Polres Mojokerto, pada Jumat (8/11/2019), turun ke lokasi sungai yang tercemar tersebut.

Kepala Bidang Penataan Lingkungan Hidup DLH Pemkab Mojokerto, Aminuddin mengatakan, untuk mengetahui tingkat pencemaran di Sungai Ledeng, pihaknya mengambil sampel air dari sungai itu.

Sampel air diambil dari titik atas dan titik bawah. Titik atas merupakan titik aliran sungai yang tidak terdapat sampah dan limbah.

Sedangkan titik bawah, merupakan titik aliran sungai yang dipenuhi sampah rumah tangga dan limbah usus ayam.

"Kami ambil (sampel air) dua titik. Titik yang pertama titik bawah, kemudian yang kedua titik atas. Titik atas itu yang belum terkena masukan limbah-limbah domestik yang ada di sini," kata dia, saat dikonfirmasi usai pengambilan sampel air di Sungai Ledeng, Jumat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X