Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim 9 Jaring Delapan Nama Calon Pendamping Khofifah di Pilkada Jatim

Kompas.com - 20/10/2017, 06:47 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -  Tim 9 yang merupakan bentukan para kiai pendukung Khofifah Indar Parawansah, menjaring beberapa nama untuk calon pendamping Menteri Sosial itu di ajang Pilkada Jawa Timur 2018.

Tim yang diketuai oleh pengasuh pesantren Tebuireng Salahudin Wahid atau Gus Solah itu menggelar pertemuan tertutup di Surabaya, Kamis (19/10/2017) malam. 

Juru Bicara Tim 9,  Asep Saifudin Chalim menyebutkan, pihaknya sudah mencatat 8 nama untuk pendamping Khofifah. Mereka berasal dari berbagai kalangan seperti birokrat, akademisi, hingga politisi.

Sayangnya Asep enggan menyebut beberapa nama tersebut.  Menurut dia, nama-nama tersebut akan disurvei oleh tim, dan hasil surveinya akan disodorkan kepada Khofifah.

Baca juga: Bahas Wakil Khofifah, Sejumlah Kiai Gelar Pertemuan Tertutup

"Tim akan bekerja secara cepat, efektif dan efisien untuk segera memberikan rekomendasi nama kepada Bu Khofifah," ucap pengasuh pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto itu di kediamannya.

Menurut dia, dalam pertemuan juga menetapkan 5 kreteria yang harus dipenuhi calon pendamping Menteri Sosial itu. 5 kreteria itu adalah  memiliki kapabilitas, integritas, bisa bekerja sama dengan cagub Khofifah, didukung oleh semua partai pengusung, dan terakhir bisa menjadi pendulang suara untuk pasangan yang diusung.

"5 kriteria itu wajib ada di calon wakil Bu Khofifah," ujarnya .

Tim 9 sendiri berisi para ulama itu dibentuk beberapa waktu lalu di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang untuk menjaring calon wakil yang akan mendampingi Khofifah maju Pilkada Jatim 2018.

Kompas TV Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengaku akan mengajukan pengunduran dirinya dari kabinet kerja Jokowi JK, setelah semua persiapan menuju pilkada 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com