Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ikut Aksi Bela Palestina, Gubernur Jatim Ajak Masyarakat Berdoa dan Berdonasi

Kompas.com - 12/11/2023, 18:33 WIB
Tim Konten,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa ikut serta bersama masyarakat dalam Aksi Bela Palestina di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (12/11/2023).

Aksi solidaritas tersebut berlangsung sejak pukul 05.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Khofifah bersama masyarakat setempat kompak menggunakan atribut khas Palestina, mulai dari baju serba putih, bendera, hingga poster bertuliskan dukungan terhadap kebebasan bangsa Palestina.

Tidak hanya itu, mereka juga kompak menyuarakan kecaman terhadap agresi militer Israel. Meski begitu, aksi tetap berjalan damai dan tertib.

Di hadapan puluhan ribu peserta, Khofifah mengawali orasi dengan mengajak melantunkan sholawat Asyghil bersama-sama. Serentak, seluruh peserta aksi pun ikut melantunkan sholawat tersebut.

Selanjutnya, ia juga turut menyuarakan tentang betapa pentingnya kemerdekaan bagi Palestina. Untuk mendukung hal ini, ia mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan, baik melalui doa maupun donasi.

Baca juga: Jatim Surplus Beras tapi Harga Tinggi, Khofifah Beri Penjelasan

"Hari ini kita menguatkan komitmen, bahwa kita semua berdiri di sini memberikan doa dan dukungan atas kemerdekaan bagi Palestina,” katanya.

Khofifah melanjutkan, aksi ini diharapkan sejalan dengan aksi serupa yang digelar negara-negara lain di seluruh dunia.

Pasalnya, sebagian besar negara dunia pun sepakat menolak agresi militer yang dilakukan Israel.

“Bahwa mereka semua hari ini bergerak untuk menolak agresi Israel ke Palestina. Aksi kita hari ini sebagai bentuk dukungan ke Palestina. Baik secara institusional pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, maupun seluruh masyarakat Jatim,” tegasnya.

Orasi Khofifah kemudian ditutup dengan ajakan untuk mendoakan saudara-saudara di Palestina.

“Kita semua mohon kepada Allah SWT agar Palestina diberikan kekuatan, keselamatan dan kemerdekaan. Amin,” ucapnya yang turut diamini oleh seluruh masyarakat yang ikut dalam aksi.

Baca juga: Khofifah Optimistis Piala Dunia U-17 Bermanfaat untuk Pariwisata Jawa Timur

Ia berharap, aksi ini bisa membawa dampak nyata bagi Palestina. Dengan begitu, masyarakat Palestina bisa merdeka dan hidup damai.

“Mudah-mudahan, agresi militer Israel ke Palestina bisa segera dihentikan, sehingga Palestina bisa merdeka, merdeka, dan merdeka. Al-Fatihah,” ujarnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com