Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Raih Penghargaan Jatim Bangkit Awards 2023, Khofifah: Berkat Kerja Keras Semua Pihak

Kompas.com - 19/10/2023, 15:07 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan Jatim Bangkit Awards 2023 yang digelar JTV karena dinilai berhasil mengatasi pandemi Covid-19.  

Langkah strategis penanganan Covid-19 yang dilakukan Provinsi Jawa Timur dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya melibatkan seluruh elemen strategis dalam mempercepat penanganan Covid-19. 

Khofifah mengatakan, semua yang menerima Awards adalah bagian dari referensi bersama bahwa tidak ada sukses yang bisa dilakukan sendirian.  

"Saya ingin menyampaikan kepada kita semua bahwa ini berkat kerja keras kita semua, kerja bersama, kerja sinergi kita semua," katanya.

Dia mengatakan itu saat menerima penghargaan tersebut dari Direktur JTV Rina Prabawati di Hotel Mercure, Surabaya, Rabu (18/10/2023). 

Baca juga: Gubernur Jatim Raih Gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Ekonomi dari FEB Unair

Khofifah menyebutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim bersama seluruh forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dan seluruh elemen terlibat dalam penanganan dan pengendalian Covid-19.

"Pemprov Jatim bersama Kepolisian Daerah (Polda) Jatim dan Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya membangun teamwork untuk gotong royong mengendalikan kasus Covid-19," ujarnya dalam siaran pers. 

Berbagai pendekatan telah dilakukan, yakni kampung tangguh, gerakan bermasker, operasi yustisi, penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), PPKM mikro, sampai vaksinasi.

"Khusus kampung tangguh pada akhirnya banyak diikuti provinsi lain dan menjadi role model secara nasional," ungkapnya. 

Khofifah menyebutkan, ketika sinergitas pemerintah dan stakeholders berjalan baik, roda perekonomian di Jatim mampu bertahan dan bertumbuh. 

Baca juga: Khofifah Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Beras di Jatim

Hasilnya, Jatim sukses menangani percepatan pertumbuhan ekonomi dan penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) yang tetap signifikan, bahkan jauh di bawah nasional. 

TPT Jatim per Februari 2023 sebesar 4,33 persen atau turun 0,48 persen poin jika dibandingkan pada Februari 2022 sebesar 4,81 persen. Nilai ini di bawah TPT nasional sebesar 5,45 persen.

"Sektor usaha kita tetap bisa menyerap tenaga kerja termasuk bidang pendidikan tetap berjalan dan menorehkan prestasi," jelasnya.

Lebih lanjut, Khofifah mengingatkan bagaimana suplai oksigen pada saat itu sulit didapatkan dan menjadi rebutan banyak orang. 

Dia menegaskan, Pemprov Jatim berupaya mendapatkan tabung oksigen untuk menyelamatkan nyawa setiap orang yang membutuhkan. 

Baca juga: Ditanya soal Cawapres, Khofifah: Kerja Kerja Kerja

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com