Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pj Gubernur Fatoni Minta Bupati dan Walkot di Sumsel Tuntaskan 5 Program Prioritas

Kompas.com - 14/10/2023, 14:27 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak para kepala daerah bupati dan wali kota (walkot) se-Sumsel menuntaskan lima program prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. 

"Kita harus semangat dan fokus pada program prioritas, lima program ini harus kita tangani bersama,” ujarnya saat menerima audiensi dari Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi di Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (13/10/2023).

Lima program Pemprov Sumsel, di antaranya penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), penanganan inflasi, menurunkan tingkat stunting, dan kemiskinan ekstrem.

“Ini yang selalu saya tekankan kepada seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan bupati/wali kota," kata Fatoni dalam siaran pers.

Baca juga: Operasi Pasar Digelar di OKI, Sumsel, Diharapkan Bisa Tepat Sasaran dan Bermanfaat

Lebih lanjut, Fatoni meminta daerah memiliki anggaran yang cukup menyukseskan program prioritas tersebut. 

Oleh karena itu, pemerintah kabupaten (pemkab) dan pemerintah kota (pemkot) diminta menyiapkan anggaran untuk menangani hal tersebut.

"Anggaran juga harus kami perhatikan karena untuk menangani ini membutuhkan anggaran yang cukup," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Apriyadi mengatakan, pihaknya memiliki strategi khusus dalam mengatasi kemiskinan ekstrem di Muba. Salah satunya melalui program Bantuan Tunai untuk Masyarakat Miskin (Bantu Umak).

Baca juga: Pimpin Apel Penanganan Karhutla, Pj Gubernur Sumsel: Saya Minta 350 Pasukan Kodam Ditambah

"Penerima bantuan hanya menyasar kalangan ibu-ibu atau yang masuk kategori kemiskinan ekstrem. Kami bantu dengan program ini, dananya kami anggarkan dengan cukup," katanya.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni saat menerima audiensi dari Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi di Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (13/10/2023).
DOK. Humas Pemprov Sumsel Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni saat menerima audiensi dari Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi di Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (13/10/2023).

Apriyadi juga meminta kesediaan Fatoni untuk dapat membuka kegiatan Muba Expo yang akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2023 mendatang.

"Jika berkenan, mohon kiranya bapak hadir membuka kegiatan Muba Expo nantinya," ucapnya.

Dalam pertemuan itu, Fatoni didampingi Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Edward Chandra, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumsel Rika Efianti, dan Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Neng Muhaibah. 

Sementara itu, Apriyadi didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Muba Musni Wijaya dan Kepala Bagian Protokol Muba Agung Perdana.

Baca juga: Pj Gubernur Sumsel: Masyarakat Perlu Dilibatkan dalam Penanggulangan Karhutla

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com