Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sumsel Dipimpin Herman Deru-Mawardi Yahya Raih 214 Penghargaan, Pj Gubernur Sumsel: Akan Kami Pertahankan

Kompas.com - 05/10/2023, 17:32 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengaku bangga dengan sejumlah prestasi dan penghargaan yang diraih Sumsel di bawah kepemimpinan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya (HDMY) pada masa jabatan 2018-2023.

Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel berhasil mengoleksi 214 penghargaan tingkat nasional dalam kepemimpinan HDMY.

Menurutnya, hal itu merupakan kompak dan sinerginya pasangan HDMY bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan instansi vertikal memajukan Sumsel dari sektor pembangunan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada beliau berdua yang memimpin dan membawa kemajuan Sumsel sehingga menjadi provinsi terdepan dengan begitu banyak prestasi dan capaian," katanya. 

Baca juga: Mendagri Lantik Agus Fatoni Jadi Pj Gubernur Sumsel dan Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Kaltim

Agus mengatakan itu dalam acara Penyerahan Memori Jabatan Gubernur Sumsel dan Wakil Gubernur Sumsel Masa Jabatan 2018-2023 kepada Pj Gubernur Sumsel di Rumah Dinas Gubernur Sumsel, Griya Agung Palembang, Rabu ( 4/10/2023).

Pada kesempatan itu, digelar pula Penyerahan Memori Jabatan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejaheraan Keluarga (TP PKK) Sumsel dan Wakil Ketua TP PKK Sumsel kepada Pj Ketua TP PKK Sumsel Sumsel masa bakti 2018-2023.

Agus mengatakan, capaian Pemprov Sumsel terbukti bagus karena Sumsel memang sangat maju.

"Inilah tugas kami bersama untuk dipertahankan dan ditingkatkan. Kami tidak bisa bekerja sendiri. Maka perlu dukungan semua," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (5/10/2023).

Untuk itu, dia mengajak semua pihak meneruskan prestasi-prestasi yang diraih dapat dijaga dan dirawat sehingga Sumsel menjadi provinsi terdepan dari daerah lain di Indonesia. 

Baca juga: 6 Lahan Terbakar di Sumsel Disegel KLHK, 5 Izin Perusahaan Bakal Dicabut

"Kami satukan energi agar harapan yang dibebankan dan ditunjuk kepada kami bisa dilaksanakan dengan sebaik-sebaiknya. Untuk mendorong Sumsel semakin maju, berjaya dan masyarakatnya semakin sejahtera," tuturnya. 

Lebih lanjut, Agus bersyukur telah menjadi bagian dari Pemprov Sumsel. Terlebih, dia lahir di Desa Sukabumi, Kecamatan Buay Bahuga, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Provinsi Sumsel. 

Oleh karena itu, ketika ditunjuk menjadi Pj Gubernur Sumsel, dia merasa hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri dan amanah yang tidak ringan sehingga harus dikerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Saya pernah diberi kesempatan untuk menjadi Pj Sulawesi Utara. Hari ini, amanah yang kami emban akan kami jalankan dengan baik agar Sumsel tetap maju, berkembang dan masyarakatnya sejahtera," ucapnya. 

Agus menyebutkan, dalam meraih prestasi, pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri. 

Baca juga: Tingkatkan Penyelesaian Masalah Pengadaan Barang dan Jasa, Pemprov Sumsel Gelar Sosialisasi Layanan Clearing House

Dalam hal ini, pemerintah membutuhkan dukungan tokoh masyarakat, Forkopimda, dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com