Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pj Gubernur Agus Fatoni Dorong Pemuda Salurkan Kreativitas untuk Dukung Pembangunan Sumsel

Kompas.com - 22/10/2023, 13:29 WIB
Tim Konten,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak generasi muda untuk terus menyalurkan kreativitas untuk mendukung pembangunan di Bumi Sriwijaya—sebutan Sumsel.

Hal tersebut diutarakan Fatoni saat menjadi motivator dalam Pelatihan Management Event Tahun 2023 bertema “Innovation, Creativity and Achievement”. Agenda yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel ini berlangsung di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Sumsel, Jumat (20/10/2023).

"Orang pintar dan cerdas, serta orang kreatif memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda. Kalau pekerjaan dipegang dia, hasilnya berbeda. Maka, saya minta para pemuda untuk terus mengasah kreativitas mereka," ujar Fatoni dikutip dari rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (22/10/2023).

Fatoni mencontohkan, salah satu bentuk kreativitas dapat dilihat dari cara melipat kertas surat. Meski cara melipat biasa bisa dilakukan, ternyata masih ada banyak cara melipat lain yang lebih kreatif sehingga surat terlihat lebih cantik dan menarik.

“Sama seperti melipat kertas surat, pemuda juga perlu bekerja menggunakan cara lain yang lebih kreatif sehingga hasilnya bisa jauh lebih baik,” ujarnya.

Tak hanya itu, inovasi juga perlu dimunculkan agar tak dianggap sebagai pemuda biasa. Menurutnya, orang yang inovatif akan dicari banyak pihak karena mampu mencetuskan ide-ide baru. Dalam kehidupan pun, perusahaan atau penyedia tenaga kerja juga cenderung akan memilih orang yang inovatif.

"Kalau sudah inovatif, pekerjaan yang akan mengejar kita. Soal jabatan, tidak usah dicari-cari karena akan datang kepada orang yang inovatif. Apalagi dalam kompetensi sudah mencukupi, pasti akan dipakai," jelasnya.

Pelatihan Management Event Tahun 2023 bertema ?Innovation, Creativity and Achievement?. Agenda yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel ini berlangsung di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Sumsel, Jumat (20/10/2023).Dok. Pemprov Sumsel Pelatihan Management Event Tahun 2023 bertema ?Innovation, Creativity and Achievement?. Agenda yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel ini berlangsung di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Sumsel, Jumat (20/10/2023).

Meski begitu, lanjut Fatoni, ada tiga hal yang harus dikembangkan terlebih dulu untuk menjadi pribadi mumpuni. Tiga hal tersebut adalah memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian yang baik.

"Punya ilmu pengetahuan saja tidak cukup tanpa kepribadian yang baik. Sebab, hal itu berpengaruh terhadap daya juang, akhlak, dan apa yang akan dihadapi ketika berada di lingkungan," tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa para pemuda perlu memiliki kompetensi dan unggul dalam segala bidang. Hal itu akan membuat seseorang menjadi pribadi yang unggul lantaran punya berbagai kelebihan.

"Kuncinya jangan melakukan sesuatu dengan cara biasa, tapi lakukan dengan cara-cara tak biasa. Inovatif, kreatif, dan kemampuan mumpuni, tidak cukup itu saja. Perlu juga diikuti kepribadian yang baik. Itu kunci sukses kehidupan," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada para pemuda Sumsel untuk memanfaatkan masa muda mereka dengan baik. Dia juga meminta para pemuda untuk ikut membangun dan membanggakan Sumsel.

"Sebelum terlambat, pergunakan waktu sebaik-baiknya, jangan membuang-buang waktu dengan kegiatan tidak bermanfaat. Keseringan nongkrong juga tidak bagus, apalagi sambil bergosip. Saya meminta kepada para pemuda untuk menjadikan Sumsel lebih membanggakan dan maju luar biasa. Ayo kita bangun bersama-sama,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com