Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur NTT: Datang ke Sekolah Pukul 05.30 Itu Bukan Langsung Masuk Kelas, Enjoy Dulu...

Kompas.com - 04/03/2023, 07:47 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mendatangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6, yang pertama kali menerapkan masuk sekolah pukul 05.00 Wita. Belakangan jam masuk itu diganti menjadi pukul 05.30 Wita.

Di hadapan para guru dan ratusan murid sekolah itu, Viktor mengatakan, kedatangannya untuk memberikan motivasi. Termasuk juga, soal kebijakannya masuk sekolah lebih awal dari sebelumnya.

Baca juga: Ditanya soal Dasar Hukum Sekolah Masuk Pukul 5 Pagi, Gubernur NTT: Kau Pikir Sendiri

"Datang ke sekolah pukul 05.30 Wita, itu bukan berarti langsung masuk kelas. Enjoy dulu, menari, rileks, menyanyi rileks lagi baru transfer ilmu pengetahuan kepada anak didik," kata Viktor, Jumat (3/3/2023).

Menurut Viktor, guru harus memperhatikan siswa dengan baik sebelum melakukan proses belajar mengajar.

"Kita bukan menjadi lembaga jasa penitipan anak. Kita sedang menjadi lembaga untuk membangun seseorang menuju masa depannya," ujar Viktor.


Viktor menegaskan, para siswa disiapkan untuk menjadi pribadi mandiri di masa depan. Hal itu, kata dia, merupakan salah satu cara untuk membangun sumber daya manusia di NTT.

Viktor menyebut, selama ini NTT juga banyak menyumbangkan para pemikir yang hebat di Indonesia. Namun, rata rata para pemikir andal itu bukan dari sekolah negeri.

"Kali ini kita akan kasih tunjuk bahwa ke depannya akan lahir pemikir-pemikir hebat, lahir anak anak yang sukses dari SMA Negeri 6 karena sekolah ini dipersiapkan menjadi generasi unggul," ujar dia.

Untuk mencapai hal itu, persiapan yang dilakukan sekolah dan pemerintah provinsi pun harus lebih baik. Salah satu cara dengan menerapkan jam masuk sekolah pukul 05.30 Wita.

Sebelumnya, kebijakan masuk sekolah pukul 05.00 Wita bagi SMA Negeri 6 Kota Kupang dan SMA Negeri 1 Kota Kupang, digeser menjadi pukul 05.30 Wita.

Baca juga: Kunjungi SMA yang Terapkan Jam Masuk 05.30 Wita, Gubernur NTT Soroti Kebersihan Toilet

Hanya dua sekolah itu yang menerapkan kebijakan masuk pukul 05.30 Wita di NTT.

SMA Negeri 6 Kota Kupang mulai menerapakan kebijakan itu pada 27 Februari, sementara SMAN 1 Kota Kupang pada 1 Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com