Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemprov Riau Manfaatkan Teknologi AI untuk Bantu Pembelajaran di Lingkup Pendidikan

Kompas.com - 24/10/2023, 20:37 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerapkan artificial intelligence (AI) untuk membantu pembelajaran di lingkup sekolah.

Seperti diketahui, teknologi AI semakin populer di dunia. Hal ini dimanfaatkan oleh Pemprov Riau sebagai upaya dalam meningkatkan pendidikan di wilayahnya

"Saya yakin, anak-anak Riau ke depan akan menjadi anak-anak yang cerdas, yang melek teknologi,” ujar Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat melihat langsung penggunaan AI dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 02 Bangkinang, Kampar, Riau, Selasa (24/10/2023).

Dalam kesempatan itu, ia juga menyaksikan siswa-siswi SMAN 02 Bangkinang mengoperasionalkan AI di personal computer (PC) mereka.

Baca juga: Cara Live di Shopee via Ponsel dan PC

Praktisi IA sekaligus Vice Rector for Research and Development (R&D) Digital Advancement Osaka Japan and Universitas Insan Cita Indonesia (UICI), Indonesia, Profesor Doktor (Dr) Eng Jaswar Koto mengatakan bahwa Riau adalah provinsi pertama di Indonesia yang menggunakan AI dalam proses pembelajaran.

Pemprov Riau sendiri menggandeng R&D Digital Advancement Osaka Japan and UICI, Indonesia untuk membangun sistem pendidikan berbasis AI.

"Kita harus bangga bahwa saat ini di bawah arahan Bapak Gubernur (Syamsuar), Riau adalah provinsi pertama yang menggunakan AI di sekolah-sekolah," tuturnya saat menyampaikan sambutan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Jazwar yang juga putra asal Riau itu mengatakan bahwa saat ini AI sudah bisa digunakan dengan PC di beberapa SMA di Riau.

Baca juga: Gubernur Riau Rayakan Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi di Rokan Hilir

"Insya Allah setelah ini dengan dukungan Bapak Gubernur, kita menggunakan Android. Setelah itu nanti kita gelar Olimpiade IA agar anak-anak kita punya kemampuan yang sama dengan negara-negara maju," ulasnya lagi.

Sebagaimana keinginan Gubernur Syamsuar, Jazwar yakin anak-anak Riau ke depan akan semakin banyak yang mampu melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan beasiswa.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut hadir mendampingi Syamsuar, yakni Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kamsol dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Provinsi Riau Erisman Yahya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com