Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sukses Kelola Lingkungan Hidup, Klaten Terima Piala Adipura

Kompas.com - 28/02/2023, 20:27 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Klaten menerima penghargaan Piala Adipura tahun penilaian 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi Kementerian LHK untuk daerah yang berhasil meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup.

Adapun Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyerahkan langsung Piala Adipura kepada Bupati Klaten Sri Mulyani di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, penghargaan Adipura menjadi kebahagiaan tersendiri bagi daerahnya setelah penantian panjang selama 27 tahun.

Baca juga: Masalah Sampah Jadi Sorotan, Calon Petahana Pilkada Banjarmasin: Kita 4 Kali Raih Piala Adipura

"Saya sebagai Bupati Klaten berterima kasih kepada tentunya jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, pihak terkait, dan seluruh masyarakat khususnya relawan yang kemarin sangat luar biasa mendukung kami," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (28/2/2023).

Berkat upaya terbaik para relawan, lanjut Sri Mulyani, Klaten mendapatkan hasil penilaian bagus sehingga mampu meraih Piala Adipura.

Seperti diketahui, Kabupaten Klaten selama bertahun-tahun terus berjuang untuk mendapatkan Piala Adipura. Upaya ini, salah satunya dilakukan dengan menjaga kebersihan dan keindahan Kota Klaten, serta pengelolaan sampah.

Adapun Kementerian LHK melakukan penilaian kebersihan dari kantor pemerintahan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras, RS Soeradji Tirtonegoro, sekolah-sekolah, pasar tradisional, jalan utama, kawasan pemukiman, dan sejumlah area publik lainnya.

Baca juga: 3 Jenis Ular yang Sering Masuk ke Pemukiman

Selain itu, dilakukan juga penilaian kebersihan di ruang terbuka hijau (RTH), jalan-jalan protokol, Pasar Srago, dan Pasar Mlinjon, hingga Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Troketon.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Klaten Srihadi mengatakan, Piala Adipura 2023 merupakan kerja keras bersama antara pemerintah dan masyarakat, terutama dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Alhamdulillah, Kabupaten Klaten menerima Piala Adipura 2023,” imbuh Srihadi.

Apresiasi dari Menteri LHK

Sebelumnya, Menteri LHK Siti Nurbaya memberikan apresiasi terhadap kerja keras dan komitmen kepala daerah untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik.

Baca juga: Mobil Pelat Merah yang Tabrak Lari di Klaten Ditumpangi Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun dan Istri

“Kementerian LHK dengan bangga memberikan penghargaan Adipura kepada kepala daerah yang telah bekerja keras dan berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik,” tutur Siti Nurbaya.

Dalam penganugerahan tersebut, Kabupaten Klaten bersama 79 kabupaten dan kota lainnya mendapatkan penghargaan kategori Piala Adipura. Penghargaan ini sendiri merupakan hasil penilaian pada 2022 lalu.

Siti Nurbaya berharap program Adipura dapat mendorong kabupaten dan kota di seluruh Indonesia mencapai target penanganan sampah 100 persen pada 2025.

“Selain itu, saya juga berharap kabupaten dan kota terus berbenah dan beradaptasi dengan perkembangan metode pengelolaan sampah. Dengan metode itu, (nantinya akan) dapat menemukan solusi terbaik dalam menangani persoalan sampah,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com