Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kiprah Walkot Arief Mengubah Kota Tangerang, dari Kota Terkotor Menjadi Peraih Adipura Kencana

Kompas.com - 09/11/2023, 12:47 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Wali Kota (Walkot) Tangerang Arief R Wismansyah bertemu dengan Tan Yong Soon di sela-sela menjalani Kursus Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan I Tahun 2023 yang diselenggarakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Tang Yong Soon adalah salah satu inspirasi bagi Arief dalam menjalankan berbagai kebijakan transformatif di Kota Tangerang. Ia adalah penulis inspiratif yang menerbitkan buku Clean, Green, and Blue: Singapore's Journey Towards Environmental and Water Sustainability bersama Lee Tung Jean dan Karen Tan.

Arief mengaku, buku tersebut merupakan inspirasinya dalam mengubah wajah Kota Tangerang dari yang semula berpredikat "Kota Terkotor" menjadi kota peraih Adipura Kencana yang berhasil menyelesaikan berbagai masalah kebersihan.

“Buku tersebut menjadi inspirasi, DNA, atau guideline yang saya lakukan pada akhir 2008. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang saat itu perlahan menerapkan kebijakan program Tangerang Bersih untuk membenahi masalah kebersihan di Kota Tangerang,” ujar Arief melalui keterangan persnya, Kamis (9/11/2023).

Baca juga: Soal Penerapan Smart City, Kota Tangerang Disebut yang Paling Unggul Se-Tangerang Raya

Adapun berbagai program Kota Tangerang yang terinspirasi dari buku Tan Yong Soon itu, antara lain Kampung Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kampung Tematik, serta Kampung Proklim.

Kebijakan lainnya, Pemkot Tangerang mewajibkan setiap sekolah untuk mengikuti program Adiwiyata. Pemerintah juga menghidupkan gerakan-gerakan kolektif masyarakat yang fokus pada penjagaan lingkungan.

Arief mengatakan, dia termotivasi melahirkan berbagai kebijakan yang fokus pada penuntasan masalah lingkungan di Kota Tangerang, utamanya yang menyangkut kebersihan.

“Hasilnya, keberhasilan mengubah stigma Kota Terkotor menjadi Kota Bersih, serta ditandai dengan raihan berbagai penghargaan yang puncaknya pada penghargaan Adipura Kencana,” tuturnya.

Baca juga: Literasi Digital Fest Resmi Berakhir, Puluhan Ribu Warga Kota Tangerang Nikmati Penampilan ADA Band

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com