Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Mengenal Festival Cisadane, Event Legend Kebanggaan Kota Tangerang

Kompas.com - 23/11/2023, 12:10 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival Cisadane sukses menghibur masyarakat Kota Tangerang setelah diselenggarakan di area Jembatan Berendeng selama lima hari, mulai Rabu (22/11/2023) sampai Minggu (26/11/2023).

Gelaran pesta rakyat tersebut menyuguhkan ratusan stand atau booth yang membentang sepanjang bantaran Sungai Cisadane. Ratusan stand ini terdiri dari pelayanan masyarakat hingga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan sederet kuliner menarik khas Kota Tangerang.

Untuk diketahui, Festival Cisadane merupakan acara tahunan yang dinobatkan sebagai salah satu event lawas kebanggaan Kota Tangerang.

Jika ditarik menurut garis sejarah, festival serupa sudah dilaksanakan sejak 1700-an. Kala itu, festival ini dilaksanakan dalam rangka perayaan hari raya Peh Cun oleh masyarakat Tionghoa di sekitar Sungai Cisadane dengan berbagai ritual kebudayaan.

Baca juga: Warga Kota Tangerang Padati Sungai Cisadane untuk Mancing 2 Ton Ikan Bersama

Seiring berjalannya waktu, festival ini terus berkembang menjadi lebih besar dan meriah, dan sekarang telah menjadi acara yang sangat dinantikan oleh banyak orang karena keseruannya, dengan nama Festival Cisadane.

Berawal dari festival yang identik dengan budaya masyarakat Tionghoa, Festival Cisadane kini menjelma sebagai salah satu perayaan masyarakat Tangerang atas keberagaman budaya yang ada di daerah tersebut.

Berawal sebagai festival yang erat kaitannya dengan budaya Tionghoa, Festival Cisadane kini telah bertransformasi menjadi sebuah perayaan yang mencerminkan keberagaman budaya masyarakat Tangerang.

Baca juga: Cara ke Rumah Hantu Kota Tua dari Tangerang Naik TransJakarta

Daya tarik Festival Cisadane Kota Tangerang

Selain menampilkan budaya dan tradisi, Festival Cisadane juga menawarkan berbagai hal menarik lainnya untuk dinikmati. Ini termasuk pertunjukan seni dan berbagai jenis lomba kreatif yang terbuka untuk umum.

Di antara jenis lomba, perahu naga menjadi kegiatan paling ikonik karena memperlihatkan kerja sama dan sinergi para anggota dalam mendayung perahu dengan tujuan menjadi yang tercepat.

Melalui lomba tersebut, tergambar bahwa kerja sama antara setiap elemen masyarakat dapat menjadi kekuatan utama Kota Tangerang untuk terus berkembang tanpa meninggalkan akar budayanya.

Baca juga: Sing Along Bareng Radja Band Guncang Festival Cisadane Kota Tangerang 2023

Selain adu cepat, Festival Cisadane 2023 juga menampilkan berbagai acara menarik, termasuk perlombaan arung jeram, pertunjukan lampion air, festival band, acara mancing bersama, dan penampilan dari band-band nasional.

Semua kegiatan tersebut diselenggarakan dalam satu acara besar yang berlangsung selama kurang lebih lima hari, dan dapat dinikmati oleh masyarakat Tangerang serta para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com