Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Literasi Digital Fest Resmi Berakhir, Puluhan Ribu Warga Kota Tangerang Nikmati Penampilan ADA Band

Kompas.com - 10/10/2023, 16:09 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Puluhan ribu warga Kota Tangerang memadati event Literasi Digital Festival hari terakhir yang sudah digelar sejak Sabtu (07/10/2023) hingga Minggu (08/10/2023).

Kegiatan yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) itu menghadirkan berbagai rangkaian acara seperti cerdas cermat digital hingga talk show dengan sejumlah narasumber.

Sejumlah narasumber tersebut, yaitu Konsultan Komunikasi Independen Wicaksono, Puteri Indonesia Banten 2023 Salsabila Dinitasari, Kepala Lembaga Publikasi London School Public Relations (LSPR) Institute Xenia Angelica Wijayanto, Founder and Chief Executive Officer (CEO) of Hewania Richard Nathaniel Chandra.

Dalam kesempatan itu, Wicaksono mengapresiasi antusiasme masyarakat Kota Tangerang yang turut hadir memeriahkan Literasi Digital Festival.

Baca juga: 6 Cara Mengajarkan Literasi Keuangan pada Anak

Menurutnya, Literasi Digital Festival merupakan event yang harus diselenggarakan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

"Antusiasme yang sangat tinggi ini merupakan bukti bahwa masyarakat Kota Tangerang peduli dan ingin belajar untuk meningkatkan kecakapan dalam dunia digital ini, khususnya dalam bermedia sosial dan bagaimana memanfaatkan media sosial (medsos) dengan baik," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (10/10/2023).

Pria yang juga dikenal sebagai Ndoro Kakung di medsos itu mengatakan, selain bijak bermedia sosial, masyarakat juga harus waspada dengan keamanan digital.

Dengan sikap waspada, kata dia, masyarakat dapat terhindar dari peretasan akun, penipuan, dan penyalahgunaan identitas yang muncul lewat bergagai macam metode.

Baca juga: Ini Identitas Pengemudi Ferrari yang Tabrak 5 Kendaraan di Bundaran Senayan

"Saya harap, masyarakat Indonesia bisa dapat lebih memperhatikan keamanan dalam bermedia sosial. Sekarang, banyak sekali metode untuk meretas akun. Sehingga, informasi kita sebagai pengguna media sosial juga harus terus ditambah," imbuh Ndoro Kakung.

Ia berharap, Literasi Digital Festival dapat meningkatkan informasi tentang keamanan dan etika dalam bermedia sosial.

Literasi digital sangat dibutuhkan

ADA Band saat tampil di event Literasi Digital Festival.

DOK. Humas Pemkot Tangerang ADA Band saat tampil di event Literasi Digital Festival.

Sementara itu, ADA Band sebagai salah satu pengisi acara Literasi Digital Festival mengaku takjub dengan energi para penonton yang sangat luar biasa.

"Penonton luar biasa sekali, energinya juga sangat besar dan semua ikut nyanyi bersama kami,” imbuh mereka.

Baca juga: Undang Naga Ada Band ke Panggung, Aldi Taher Ungkap Masa Lalu Bersama Irwansyah dan Raffi Ahmad

Dalam event tersebut, ADA Band memukau ribuan pengunjung Literasi Digital Festival dengan lagu-lagu hit mereka, seperti Manusia Bodoh, Haruskah Ku Mati, Karena Wanita (Ingin Dimengerti) hingga Kau Auraku.

Band yang digawangi Indra Perdana Sinaga itu juga menyampaikan bahwa literasi digital sangat dibutuhkan agar masyarakat Indonesia dapat bermedia sosial dengan bijak dan tidak melakukan ujaran kebencian.

“Banyak masyarakat yang masih sering mengutarakan ujaran kebencian, menyebar hoaks dan semacamnya. Meskipun melalui dunia maya, tetapi ada dampaknya kepada pembaca di dunia nyata," tutur ADA Band.

Selain Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, dalam kegiatan tersebut juga hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti, Dosen Universitas Al-Azhar Indonesia Cut Meutia Karolina, serta Pakar Teknologi Informatika (TI) Profesor Richardus Eko Indrajit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com