Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Festival Cisadane 2023 Bangkitkan Perekonomian Kota Tangerang, Okupansi Hotel Berhasil Tembus 80 Persen

Kompas.com - 26/11/2023, 10:53 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sukses menyelenggarakan Festival Cisadane 2023 yang berhasil membangkitkan roda perekonomian di Kota Tangerang.

General Manager Pakon Prime Hotel Yandra Nasution mengungkapkan, Festival Cisadane 2023 telah berhasil mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor pariwisata, khususnya perhotelan.

Sebab, sebagai pelaku bisnis dan usaha, ia merasa sangat diuntungkan selama Festival Cisadane 2023 berjalan. 

“Kami merasa sangat diuntungkan dengan adanya Festival Cisadane 2023. Selama festival berjalan, kami mengalami peningkatan jumlah room occupancy sebesar 70 hingga 80 persen,” ujarnya Minggu, (26/11/23).

Dia mengatakan, Pakons Prime Hotel menerima banyak tamu dari dalam maupun luar Kota Tangerang selama Festival Cisadane 2023. 

Baca juga: Lewat Festival Cisadane 2023, Pemkot Tangerang Sukses Bangkitkan Perekonomian UMKM

Yandra mengatakan, hal tersebut dipengaruhi Peraturan Wali Kota (Perwal) Kota Tangerang yang mewajibkan menginap di hotel-hotel Kota Tangerang selama kunjungan kedinasan dan studi banding dilakukan.

Dia mengatakan, banyak tamu yang datang selama Festival Cisadane 2023, mulai dari kunjungan kedinasan sampai para wisatawan. 

“Terlebih, hotel kami menyuguhkan panorama view yang menarik dengan menghadap langsung bantaran Sungai Cisadane,” katanya dalam siaran pers, Rabu (29/11/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Rizal Ridolloh menambahkan, Festival Cisadane 2023 berjalan sesuai dengan hasil yang ditargetkan. 

Pasalnya, salah satu festival terbesar yang termasuk dalam Seven Wonders of Banten tersebut berhasil mendatangkan ribuan pengunjung.

Baca juga: Raih 2 Gelar Juara, Kota Tangerang Dominasi Ajang Tangerang Open National Yoga Asana 2023

“Ke depan, Festival Cisadane dapat diselenggarakan kembali setiap tahunnya, terlebih selama ini telah berhasil menjadi ikon membanggakan bagi Kota Tangerang,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com