Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pelopor Smart City, Aplikasi Milik Pemkot Tangerang Telah Direplikasi 47 Daerah di Indonesia

Kompas.com - 01/12/2023, 17:01 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Perjalanan panjang Kota Tangerang untuk mewujudkan kota pintar atau smart city akhirnya terwujud. Kota berjuluk Seribu Industri dan Sejuta Jasa ini mampu menjadi percontohan untuk kota dan kabupaten lain hingga provinsi dalam penerapan smart city.

Tercatat, saat ini sudah 47 daerah di Indonesia mereplikasi aplikasi milik Kota Tangerang, baik provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia.

Beberapa daerah itu, di antaranya Kabupaten Bandung, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Pinrang, Kota Jayapura, Kota Padang Panjang, hingga Kabupaten Poso.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti menjelaskan, Kota Tangerang merupakan satu-satunya daerah yang memiliki aplikasi terbanyak di Indonesia, yaitu 222 aplikasi.

Baca juga: Lewat Festival Cisadane 2023, Pemkot Tangerang Sukses Bangkitkan Perekonomian UMKM

"Terinci, 203 aplikasi web, 19 aplikasi mobile, serta 12 fasilitas sertifikat elektronik. Selain itu, Kota Tangerang memiliki Tangerang LIVE sebagai super app layanan publik dengan 14 layanan dan 36 menu, yang saat ini telah diunduh sebanyak 1.062.235 pengguna," terang Indri melalui keterangan persnya, Jumat (1/12/2023).

Ia menjelaskan, lewat Tangerang LIVE, pelayanan publik di Kota Tangerang bisa didapatkan dalam satu genggaman, mulai dari dari Layanan Gawat Darurat 112, Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), Layanan Pencari Kerja, daftar harga bahan pokok di pasar, hingga kumpulan berita terkait Kota Tangerang.

"Tangerang LIVE berisi berbagai aplikasi layanan publik untuk masyarakat mulai dari layanan aduan hingga juga job fair. Kemudian juga ada Aplikasi e-Government untuk aplikasi internal Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang," tuturnya.

Baca juga: Peringati HGN, Pemkot Tangerang Santuni 1.000 Anak Yatim

Menurut Indri, pengembangan smart city di Kota Tangerang berorientasi pada pemenuhan layanan kepada masyarakat.

"Sehingga, tidak heran jika sampai saat ini banyak sekali aplikasi dari Pemkot Tangerang yang mampu menyelesaikan setiap tantangan dan persoalan yang ada di masyarakat," jelasnya.

Sebagai informasi, selain lewat pengembangan aplikasi, implementasi smart city di Kota Tangerang juga bisa dilihat di smartcity.tangerangkota.go.id

Komitmen tersebut juga tertuang lewat enam pilar kota pintar, yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

Baca juga: Atasi Pengangguran, Pemkot Tangerang Hadirkan Virtual Job Fair untuk Masyarakat Umum hingga Disabilitas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com