Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Atasi Pengangguran, Pemkot Tangerang Hadirkan Virtual Job Fair untuk Masyarakat Umum hingga Disabilitas

Kompas.com - 25/11/2023, 12:43 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masalah pengangguran masih menjadi tantangan besar bagi negara, baik di tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten dan kota, tak terkecuali di Kota Tangerang. 

Wali Kota (Walkot) Tangerang Arief R Wismansyah menyampaikan, pihaknya terus berupaya mengatasi masalah pengangguran dengan berbagai program.

Sebab, tingginya tingkat pengangguran akan berdampak buruk terhadap perekonomian masyarakat di Kota Tangerang, mulai dari meningkatnya angka kemiskinan, rendahnya pendidikan, hingga terjadinya kenakalan remaja.

Dalam menghadapi tantangan pengangguran di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menghadirkan program Virtual Job Fair

“Kami menghadirkan program Virtual Job Fair, sebagai upaya untuk membantu masyarakat Kota Tangerang dalam mencari pekerjaan,” ujarnya usai rapat di ruang wali kota, Jumat (24/11/2023). 

Baca juga: Warga Kota Tangerang Padati Sungai Cisadane untuk Mancing 2 Ton Ikan Bersama

Virtual Job Fair dijadikan salah satu solusi serta memberikan peluang untuk menemukan berbagai karier yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masyarakat atau para pencari kerja.

“Sudah ribuan pencari kerja memanfaatkan program ini untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan minat yang mereka miliki,” ujarnya melansir tangerangkota.go.id, Kamis (30/11/2023). 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Banten menunjukkan, tingkat pengangguran terbuka di Kota Tangerang pada 2013 adalah 8,62 persen. Pada 2022, tingkat pengangguran itu turun menjadi 7,16 persen. 

Menurut Arief, penurunan tingkat kemiskinan itu membuktikan program Virtual Job Fair memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Kota Tangerang. 

Ia menambahkan, untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan para pencari kerja, Pemkot Tangerang juga menyediakan program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK).

Baca juga: Sing Along Bareng Radja Band Guncang Festival Cisadane Kota Tangerang 2023

Masyarakat dapat mengakses program itu melalui aplikasi Tangerang Live fitur Cakap Kerja. Sebanyak 2.523 peserta dari 131 angkatan telah mendapatkan pelatihan yang berkualitas. 

“Program ini juga telah dan terus menjadi andalan dalam mengatasi persoalan pengangguran di Kota Tangerang,” ungkapnya. 

Selain itu, kata Arief, langkah itu merupakan sarana untuk mempersiapkan mereka dalam dunia kerja yang akan dihadapi.  

Lebih lanjut, Arief mengatakan, pihaknya menggelar program lain yang memberikan manfaat kepada masyarakat dengan menghadirkan program pelatihan gratis bersertifikat Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP) melalui BLK. 

Pemkot juga meluncurkan Mobil Pelatihan Praktek Kerja (Si Praja) yang berkerja sama dengan pihak profesional di berbagai bidang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com