Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Raih Penghargaan Pembina ProKlim Terbaik 2023, Bupati Dadang: Bukti Kerja Keras Seluruh Jajaran

Kompas.com - 24/10/2023, 16:50 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Bandung Dadang Supriatna meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sebagai Pembina Program Kampung Iklim (ProKlim) Terbaik Tingkat Nasional 2023.

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya kepada Dadang Supriatna di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Sebagai penerima penghargaan, ia mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh jajaran dan masyarakat Kabupaten Bandung yang telah membersamai dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan masing-masing.

Seluruh jajaran yang dimaksud, yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, dan para aparatur sipil negara (ASN).

Baca juga: Heru Budi: WFH ASN DKI Sudah Berakhir, Semua Masuk Normal

"Ini membuktikan kerja keras bersama seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Kepala OPD, ASN, dan berbagai elemen masyarakat Kabupaten Bandung. Alhamdulillah, penghargaan ini saya persembahkan bagi semuanya," ucap Dadang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (24/10/2023).

Untuk diketahui, prestasi tingkat nasional tersebut menjadi penghargaan ke-210 bagi Dadang selama 2,5 tahun menjabat sebagai Bupati Bandung. Penghargaan dari Menteri LHK Siti Nurbaya ini juga menjadi penghargaan kedua kalinya bagi Dadang setelah memperoleh penghargaan serupa pada 2022.

Penghargaan dari Kementerian LHK tersebut diberikan kepada Dadang karena dinilai berhasil melakukan pembinaan dengan langkah-langkah konkret dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

Baca juga: Aksi Nyata Perubahan Iklim, CGS-CIMB Sekuritas Gelar Bersih-bersih Sungai Cisadane

Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya apresiasi oleh 17 kampung di Kabupaten Bandung yang dinilai berhasil melakukan langkah-langkah konkret untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK), meningkatkan ketahanan lingkungan, dan membangun adaptasi terhadap perubahan iklim.

"Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada Ibu Menteri LHK yang telah memberikan saya penghargaan ini. Ini tentu sebuah kebanggaan buat masyarakat Kabupaten Bandung," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bandung itu.

Sebagai informasi, ProKlim adalah program yang dilaksanakan oleh Kementerian LHK. Program ini memberikan penghargaan kepada masyarakat yang telah melakukan inisiatif dan kontribusi nyata dalam upaya dalam mengatasi perubahan iklim di tingkat tapak, seperti di tingkat desa atau kampung.

Baca juga: Perubahan Iklim Sebabkan Badai Menguat dengan Cepat

Dalam upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, Dadang telah menyiapkan berbagai strategi dan kebijakan, di antaranya mengeluarkan peraturan bupati (perbup), surat edaran (SE), dan kebijakan lain yang mengatur perbaikan iklim di Kabupaten Bandung.

"Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi spirit bagi kita untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebutuhan perbaikan iklim di Kabupaten Bandung," ujar politisi PKB itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com