Susul Lamongan, Tuban dan Pasuruan Kini Berstatus PPKM Level 1

Kompas.com - 11/09/2021, 23:09 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa DOK. PEMPROV JATIMGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Kabupaten Tuban dan Pasuruan kini berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Sebelumnya, Kabupaten Lamongan sebagai daerah pertama di pulau Jawa yang berstatus Level 1.

Status daerah PPKM level 1 untuk Kabupaten Tuban dan Kabupaten Pasuruan berdasarkan assesment situasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI per 9 September 2021 yang dirilis Jumat (10/9/2021) kemarin.

"Alhamdulillah hari ini sudah ada tiga kabupaten/kota di Jatim yang masuk pada level 1. Terima kasih atas gerak cepatnya, kerja keras, dan sinergi dari semua pihak yang ikut mencegah penyebaran Covid-19 di Jatim," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (11/9/2021).

Baca juga: Lamongan Masuk PPKM Level 1, Bupati Izinkan Warga Gelar Hajatan

Sementara untuk daerah status PPKM level 2 terdapat 19 daerah, yakni Sumenep, Situbondo, Sidoarjo, Sampang, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Kota Surabaya, Kota Pasuruan,  Kediri, Jombang, Jember, Gresik, Bondowoso, Bojonegoro, Banyuwangi, dan Bangkalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun daerah status PPKM level 3 di Jatim berdasarkan hasil assasement terbaru saat ini menjadi 16 daerah yakni, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Magetan, Madiun, Lumajang, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, dan Kabupaten Blitar.

"Kita juga bersyukur bahwa di Jatim sudah tidak ada lagi daerah dengan status PPKM level 4. Saya mint warga jangan lengah, tetap jaga protokol kesehatan," ucapnya.

Baca juga: Lamongan Jadi Daerah Berstatus PPKM Level 1 Pertama di Pulau Jawa, Bupati: Alhamdulillah...

Terkait capaian vaksinasi di Jatim, menurut Khofifah berdasarkan data Kemenkes per 10 September 2021, total capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua sudah mencapai 17.471.879 dosis.

Rinciannya, dosis pertama mencapai 11.244.023 orang, dan dosis kedua 6.227.856 orang.

"Kami bersama Forkopimda di Jatim berkomitmen menuntaskan target vaksinasi di Jatim yakni 31,8 juta warga," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.