Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Kepri Alokasikan Rp 40 Miliar untuk Tangani Virus Corona

Kompas.com - 27/03/2020, 09:47 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Plt Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Isdianto mengatakan Pemprov Kepri memgalokasikan anggaran hingga Rp 40 miliar untuk penanganan dan pencegahan wabah virus corona atau covid-19.

Untuk memenuhi angka itu, sejumlah kegiatan akan dialihkan, salah satunya memotong anggaran perjalanan dinas, beberapa rapat koordinasi, pelatihan-pelatihan dan sejumlah kegiatan yang bisa ditangguhkan.

“Berapapun kebutuhan untuk penanggulangan dan pencegahan wabah covid-19, akan kami penuhi. Sementara ini kami alokasikan Rp 40 miliar untuk seluruh kabupaten kota yang ada di lingkungan Prov. Kepri,” kata Isdianto di Graha Kepri, Batam, Kamis (26/3/2020) siang kemarin.

Baca juga: Hasil Swab kedua Belum Keluar, Pasien Pertama Positif Corona Kepri Sehat tapi Tetap Diisolasi 

Dikatakannya, dirinya sudah memerintahkan Sekdaprov TS Arif Fadillah untuk melakukan pergeseran untuk dialokasikan bagi penanggulangan dan pencegahan covid-19.

Pilihan pertama adalah memangkas perjalanan dinas seluruh OPD, beberapa acara yang bisa ditunda.

Setelah itu pada kegiatan kegiatan yang bisa ditangguhkan. TAPD Pemprov pun sudah melalukan rapat dengan Banggar DPRD Kepri.

“Tentu harus tetap berpedoman pada aturan. Terutama Permendagri terbaru dalam mengalokasikan anggaran untuk Covid-19,” jelas Isdianto.

Baca juga: Atasi Panic Buying, Stok Beras di Kepri Aman hingga Setahun ke Depan 

Isdianto menambahkan, dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo pekan ini, perintah relokasi APBD untuk penanganan covid-19 menjadi prioritas.

Isdianto pun meminta pemerintah kabupaten kota juga mengalokasikan anggaran penanganan ini. Sehingga bisa secara bersama-sama memenuhi pembiayaan untuk penanganan Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com