Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karhutla Belum Teratasi, Gubernur Sumsel hingga Pelajar Gelar Shalat Minta Hujan

Kompas.com - 27/08/2019, 12:12 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Polda dan Kodam II Sriwijaya menggelar shalat istisqa atau shalat minta hujan di halaman Griya Agung Palembang, Selasa (27/8/2019).

Tak hanya dari perangkat OPD, seluruh pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga terlihat ikut melaksanakan shalat istisqa.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, shalat istisqa ini digelar agar hujan segera turun dan kebakaran lahan cepat teratasi.

Upaya pemadaman karhutla pun saat ini masih berlangsung. Ia pun berharap dengan melakukan shalat istiqa hujan segera turun sehingga api yang membakar lahan cepat padam.

Baca juga: Karhutla Jelang Puncak Kemarau, Padamkan atau Meluas...

Karhutla di Sumsel, 90 persen karena manusia

"Tidak ada alasan kita untuk sombong, belum cukup 40 hari (kemarau) kita sudah begini (banyak kebakaran). Dengan menggelar shalat istisqa kita mengingat Allah dan bersyukur agar segera diturunkan hujan," kata Herman usai shalat.

Herman mengungkapkan, ia telah menurunkan Balitbang untuk mengetahui penyebab dari kebakaran di sejumlah wilayah Sumatera Selatan.

Meskipun penyebab kebakaran 90 persen karena faktor manusia, Herman mengaku akan mencari 10 persen penyebab lain yang bisa memunculkan api di kabakaran hutan dan lahan tersebut melalui Balitbang.

"Apakah karena proses pantulan (kaca) atau gesekan kan kita tidak tahu,"ucap Herman.

Baca juga: Bantah Budayawan Ridwan Saidi, Sejarawan Sumsel Pastikan Kerajaan Sriwijaya Nyata

Kemarau dan kekeringan

Musim kemarau yang terjadi tahun ini menyebabkan beberapa wilayah juga mengalami kekeringan, seperti halnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

"Jadi warga juga diingatkan untuk hemat air. Kita harapkan berdoa bersama agar segera turun hujan di Sumsel,"ujarnya.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sumatera Selatan mencatat, curah hujan lokal akan terjadi di wilayah Kabupaten Banyuasin, Lahat, Lubuk Linggau, OKU dan Pagaralam pada pagi dan siang hari.

Selanjutnya, pada malam hari potensi hujan disertai petir akan berlangsung di Kabupaten OKU, OKU Selatan dan Pagaralam.

Baca juga: Ada Pejabat Minta Jatah Kursi Nonton Westlife, Gubernur Sumsel Meradang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com