Longsor, Akses Jalan Dua Nagari di Agam Lumpuh, Warga Terpaksa Naik Perahu

Kompas.com - 19/07/2019, 15:46 WIB
Longsor yang terjadi  Kamis (18/7/2019) malam menutupi jalan di Tanjung Sani, Agam, Sumatera Barat hingga Jumat (19/7/2109) sore. (Dok: BPBD Agam)PERDANA PUTRA Longsor yang terjadi Kamis (18/7/2019) malam menutupi jalan di Tanjung Sani, Agam, Sumatera Barat hingga Jumat (19/7/2109) sore. (Dok: BPBD Agam)

 

PADANG, KOMPAS.com - Akses jalan yang menghubungkan Nagari Tanjung Sani dengan Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terputus akibat longsor yang terjadi di tiga titik di Jorong Galapuah, Tanjung Sani. 

Hingga Jumat (19/7/2019), akses belum bisa terbuka akibat longsor yang terjadi pada Kamis (18/7/2019) malam itu. 


"Masih belum terbuka, masih ada satu titik lagi. Akibatnya, akses jalan tertutup total," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Wahyu Bestari saat dihubungi Kompas.com, Jumat. 

Baca juga: Satu Penambang Timah yang Tertimbun Longsor Masih Dicari

Wahyu mengatakan, material longsor yang menutupi jalan cukup banyak dengan ketinggian dari 2 sampai 5 meter, dan panjang 20 meter, 50 meter dan 80 meter. 

Wahyu mengunkapkan, pihaknya sedang bekerja keras untuk membuka akses jalan. Meski sudah dibantu alat berat, namun karena materialnya cukup banyak akibatnya membutuhkan waktu. 

Sementara, untuk transportasi anak sekolah dan masyarakat untuk menghubungkan dua nagari itu, pihaknya menyediakan tiga perahu

"Kami bawa tiga perahu boat dari Lubuk Basung untuk membantu sementara transporasi siswa dan warga," kata Wahyu. 

Baca juga: Seluruh Jenazah Korban Longsor Tambang Bangka Ditemukan, Operasi Pencarian Dihentikan

Perahu tersebut mengarungi Danau Maninjau sehingga bisa menghubungkan dua nagari yang tertutup longsor tersebut. 

"Untuk sementara kami bantu transportasi warga dengan perahu lewat Danau Maninjau sampai proses pembukaan jalan selesai," kata dia. 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X