Rekapitulasi KPU: Jokowi Menang Tipis Atas Prabowo di Sumut

Kompas.com - 20/05/2019, 16:06 WIB
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin memberikan penjelasan saat debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin memberikan penjelasan saat debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

KOMPAS.com - Hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 KPU Sumut, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin, mengungguli pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma'ruf memperoleh 3.936.515 suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga memperoleh 3.587.786 suara.

Bertempat di Sekretariat KPU Sumatera Utara, jajaran komisioner KPU Sumut membacakan sertifikat perolehan hasil tepat pukul 23.00 WIB, Minggu (20/5/2019).

Komisioner KPU Sumatera Utara Herdensi Adnin mengungkapkan, terkait pemenang pemilu, meski harus melalui penetapan oleh KPU RI, masyarakat berhak tahu siapakah pemenang kontestasi pemilu ini.


"Saya kira masyarakat sudah tahu apakah 01 atau 02 yang menang. Untuk parpol siapa yang memperoleh hasil signifikan," tambahnya.

Baca juga: Rekapitulasi KPU: Prabowo Menang Atas Jokowi di 12 Kabupaten/Kota di Riau

Densi menjelaskan, pada rapat pleno yang berlangsung, para saksi memberikan masukan untuk Kecamatan Percut Sei Tuan yang merupakan wilayah terakhir, agar ke depan dapat dibagi menjadi dua atau tiga kecamatan.

"Sebenarnya ini bukan domain KPU. Namun, tadi banyak saksi memberikan masukan mengingat Percut Sei Tuan sangat banyak hampir 1.200-an TPS dengan 245.000 lebih jumlah pemilih," ujarnya.

Baca juga: Rekapitulasi KPU: Jokowi-Maruf Menang Telak di Seluruh Papua

Densi mengatakan, pada penghitungan tingkat nasional nanti, tidak akan ada sinkronisasi data di KPU RI, mengingat proses telah berjalan sebagaimana mestinya.

"Seharusnya sudah tidak ada lagi. Namun, mungkin Bawaslu Sumut akan memberikan catatannya di pusat nanti," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul: Prabowo-Sandi Kalah Tipis di Sumatera Utara, Ini Perolehan Suara Jokowi-Ma'ruf

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X