Di Pasar Tradisional Purbalingga, Ditemukan Jajanan Mengandung Pewarna Tekstil

Kompas.com - 22/04/2019, 18:27 WIB
Tim Jejaring Keamanan Pangan Terpadu (JKPT) Kabupaten Purbalingga mengecek makanan di Pasar Tobong, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (22/4/2019) Kompas.com/Pemkab PurbalinggaTim Jejaring Keamanan Pangan Terpadu (JKPT) Kabupaten Purbalingga mengecek makanan di Pasar Tobong, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (22/4/2019)

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Tim Jejaring Keamanan Pangan Terpadu (JKPT) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menemukan makanan mengandung rhodamin B (pewarna tekstil) saat monitoring keamanan pangan di pasar tradisional, Senin (22/4/2019).

Kasi Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga Suyono mengatakan, menemukan dua jenis makanan yang mengandung pewarna tekstil, yaitu mireng dan mie pedas.

“Setelah diuji makanan yang positif mengandung pewarna tekstil yaitu jenis jajanan mireng dan mie pedas. Kami juga menguji makanan lainnya, hasilnya aman, tidak mengandung bahan pewarna berbahaya,” katanya.

Baca juga: Sidak Makanan, Ditemukan Teri Medan Mengandung Formalin di Yogyakarta
Suyono mengatakan, sampel makanan yang terbukti mengandung pewarna tekstil akan dilaporkan ke Dewan Ketahanan Pangan untuk ditindaklanjuti.


“Kita laporkan hasilnya sekaligus sosialisasi kepada pedagang yang ada di pasar untuk tidak membeli dan menjual kembali makanan yang terbukti mengandung zat berbahaya tersebut,” jelas Suyono.

Tim JKPT, kata Suyono, juga melakukan uji kandungan boraks terhadap 6 jenis makanan yang ditemukan di Pasar Tobong.

“Dari mulai bakso, ebi, teri, peda dan bleng kami uji apakah mengandung borak atau tidak, yang positif hanya bleng cap Semar dari Solo,” imbuh Suyono.

Baca juga: Fakta Sidak Risma ke Sekolah, Temukan Siswa Berseragam Sobek hingga Ajak Belajar Gosok Gigi

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengecek tanggal kadaluarsa makanan yang akan dibeli. Dalam kegiatan tersebut tim menemukan sejumlah makanan yang hampir kadaluarsa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X