Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Soal Revitalisasi Pasar Anyar, Pengamat: Bukti Keberpihakan Pemerintah pada Pedagang dan Masyarakat

Kompas.com - 06/12/2023, 10:40 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Memet Chumaidi menilai bahwa revitalisasi Pasar Anyar adalah langkah tepat yang perlu dan sudah seharusnya dilakukan, mengingat kondisi pasar yang sudah memprihatinkan.

"Revitalisasi Pasar Anyar adalah bukti keberpihakan pemerintah tidak hanya kepada pedagang, tetapi juga masyarakat, yang setiap hari belanja di pasar kebanggan warga kota Tangerang tersebut," tutur Memet melalui keterangan persnya, Rabu (6/12/2023).

Menurutnya, revitalisasi merupakan langkah konkret pemerintah untuk memperindah pasar yang bisa meningkatkan nilai ekonomi, daya beli, dan omzet.

"Keberpihakan Pemkot Tangerang pada pedagang juga terlihat dari proses relokasi yang difasilitasi secara penuh. Diketahui, lokasi relokasi disiapkan di Plaza Shinta, Mal Metropolis Town Square, Pasar Jatake, Pasar Banjar Wijaya dan Pasar Laris Cibodas," jelasnya.

Memet mengatakan, Kota Tangerang dengan segala kemajuannya sudah seharusnya menyajikan pasar tradisional berstandar modern.

Baca juga: Raih 2 Gelar Juara, Kota Tangerang Dominasi Ajang Tangerang Open National Yoga Asana 2023

"Harusnya, dengan hasil nyata pasca revitalisasi Pasar Anyar Tangerang nanti, para pedagang dan warga welcome atau terbuka, demi keberlangsungan dan kemajuan Pasar Anyar Tangerang yang lebih signifikan, untuk kita semua,” tegasnya.

Ia pun mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang serta kolaborasinya dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merevitalisasi pasar.

Diketahui, Pasar Anyar Tangerang merupakan salah satu ikon Kota Tangerang yang masih belum direnovasi hingga saat ini. Saat ini, kondisi pasar terlihat sudah dimakan usia.

Hal itu, dapat terlihat dari banyaknya kerusakan fisik yang terjadi, mulai dari kerusakan keramik lantai terangkat, cat mengelupas, atap bolong, lampu utama yang mati, serta banyaknya kios yang kurang rapi. Semua kondisi ini membuat pasar terlihat kumuh.

Pemkot Tangerang bersama Kementerian PUPR pun berusaha melakukan revitalisasi pasar.

Baca juga: Sing Along Bareng Radja Band Guncang Festival Cisadane Kota Tangerang 2023

Para pedagang yang berjualan berangsur-angsur pindah ke lokasi yang telah disiapkan. Contohnya, pedagang emas pindah ke Mal Metropolis Town Square dan pedagang pakaian serta tekstil yang pindah sementara ke Metropolis Town Square dan Plaza Shinta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com