Salin Artikel

Di Pasar Tradisional Purbalingga, Ditemukan Jajanan Mengandung Pewarna Tekstil

Kasi Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga Suyono mengatakan, menemukan dua jenis makanan yang mengandung pewarna tekstil, yaitu mireng dan mie pedas.

“Setelah diuji makanan yang positif mengandung pewarna tekstil yaitu jenis jajanan mireng dan mie pedas. Kami juga menguji makanan lainnya, hasilnya aman, tidak mengandung bahan pewarna berbahaya,” katanya.

“Kita laporkan hasilnya sekaligus sosialisasi kepada pedagang yang ada di pasar untuk tidak membeli dan menjual kembali makanan yang terbukti mengandung zat berbahaya tersebut,” jelas Suyono.

Tim JKPT, kata Suyono, juga melakukan uji kandungan boraks terhadap 6 jenis makanan yang ditemukan di Pasar Tobong.

“Dari mulai bakso, ebi, teri, peda dan bleng kami uji apakah mengandung borak atau tidak, yang positif hanya bleng cap Semar dari Solo,” imbuh Suyono.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengecek tanggal kadaluarsa makanan yang akan dibeli. Dalam kegiatan tersebut tim menemukan sejumlah makanan yang hampir kadaluarsa.

https://regional.kompas.com/read/2019/04/22/18271101/di-pasar-tradisional-purbalingga-ditemukan-jajanan-mengandung-pewarna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke