8 TPS di Jatim Direkomendasikan PSU, 7 TPS Lain Masih Dikaji

Kompas.com - 20/04/2019, 15:12 WIB
Ilustrasi bilik suara: Dengan berpakaian lengkap sepatu sepak bola dan kostum timnas berbagai negara yang ikut serta dalam Piala Dunia 2018, para petugas KPPS di TPS 14 Kelurahan Karawang Kulon seolah menjadi pemain yang menggiring warga ke bilik suara yang dihias bak tiang gawang.KOMPAS.com/Farida Farhan Ilustrasi bilik suara: Dengan berpakaian lengkap sepatu sepak bola dan kostum timnas berbagai negara yang ikut serta dalam Piala Dunia 2018, para petugas KPPS di TPS 14 Kelurahan Karawang Kulon seolah menjadi pemain yang menggiring warga ke bilik suara yang dihias bak tiang gawang.

SURABAYA, KOMPAS.com — Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Timur merekomendasikan pemungutan suara ulang ( PSU) di 8 tempat pemungutan suara ( TPS) di kabupaten/kota Jatim.

Selain 8 TPS tersebut, ada 7 TPS di kabupaten/kota Jatim yang berpotensi dilakukan PSU, tetapi masih dikaji sampai saat ini.

Hal itu diungkapkan Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jawa Timur Muh Ikhwanudin Alfianto kepada Kompas.com, Sabtu (20/4/2019).


Baca juga: Banyak Pelanggaran, 5 TPS di Semarang Direkomendasikan Gelar Pemungutan Suara Ulang

Menurut Ikhwan, tujuh TPS yang direkomendasikan PSU itu antara lain di Kabupaten Mojokerto, Sumenep, Sampang, dan Bangkalan.

Di luar itu, TPS di Kota Mojokerto dan Kabupaten Gresik juga direkomendasikan untuk dilakukan PSU. 

"Sudah kami rekomendasikan ke KPU untuk 8 TPS ini agar dilakukan PSU," kata Ikhwan.

Ikhwan mengungkapkan, pelanggaran yang terjadi di setiap TPS berbeda-beda. Di Kota Mojokerto, misalnya, terdapat pemilih asal Papua pindah pilih dengan formulir A5.

Namun, saat mencoblos, KPPS memberikan lima surat suara kepada pemilih tersebut. Sesuai aturan, pemilih luar provinsi hanya bisa mencoblos satu surat suara, yakni mencoblos calon presiden.

Selain itu, di Kabupaten Sumenep terdapat 70 surat suara untuk pilpres sudah tercoblos sebelum pemungutan suara dimulai.

Kemudian, 68 surat suara juga tercoblos untuk DPD, DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Sementara di Sampang, lanjut Ikhwan, ditemukan surat suara untuk salah satu calon presiden melalui video viral dan sudah diverifikasi.

Baca juga: Hari ini, 5 TPS di Cianjur Laksanakan Pemungutan Suara Lanjutan

"Sementara ini, masih 8 TPS yang kami rekomendasi. Sisanya masih dalam kajian. Kami sedang menyiapkan dokumentasinya," ucap Ikhwan.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X