Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari ini, 5 TPS di Cianjur Laksanakan Pemungutan Suara Lanjutan

Kompas.com - 20/04/2019, 12:25 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Desa Sukamanah, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL), Sabtu (20/04/2019) pagi.

Ketua PPS Desa Sukamanah, M. Zainal Mutaqien mengatakan, kelima TPS yang menggelar PSL hari ini diantaranya TPS 1 di Kp. Warung Nenggang, TPS 9 di Kp. Ciguriang, TPS 10 di Kp. Sukawarna, TPS 12 di Kp. Sukabagja, dan TPS 13 di Kp. Sukamahi.

Zainal menyebutkan jumlah pemilih yang akan melakukan pencoblosan khusus untuk surat suara anggota DPRD kabupaten ini sebanyak 1.194 orang sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada.

“Mudah-mudahan tingkat partisifasinya tidak berubah seperti pada hari H sebelumnya yang bisa mencapai 84 persen,” sebut Zainal kepada Kompas.com saat ditemui di Balai Desa Sukamanah, Sabtu (20/04/2019).

Baca juga: Sabtu, KPU Gelar Pemungutan Suara Lanjutan di 5 TPS di Cianjur

Pihaknya mengatakan, proses pencoblosan khusus untuk surat suara anggota DPRD kabupaten saat itu (hari H coblosan) langsung dihentikan karena tertukar dengan surat suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1.

“Setelah ada laporan terkait surat suara yang tertukar kemudian kita kordinasi dengan PPK dan Panwascam setempat, hasil rekomendasi mereka pemilihan untuk anggota DPRD kabupaten saat itu harus dihentikan. Sedangkan pemilihan untuk anggota DPR-RI, DPRD Propinsi, dan Capres-Cawapres tetap dilanjutkan karena surat suara aman tidak ada masalah,” tuturnya.

Zainal berharap, proses PSL di wilayahnya bisa berjalan lancar di lima TPS dan pencoblosan bisa selesai hingga pukul 13.00 WIB sebagaimana aturan berlaku.

“Kalau untuk rekap suara dari empat surat suara lainnya sudah beres kita lakukan dan sudah kita kirim ke kecamatan. Nanti, hasil hitung untuk PSL ini akan disusulkan,” imbuhnya.

Baca juga: 21 April, 6 TPS di Kota Bekasi Akan Jalani Pemungutan Suara Lanjutan

Ketua KPU Cianjur, Hilman Wahyudi berharap pelaksanaan PSL di lima TPS di wilayah Desa Sukamanah, Kecamatan Mande ini bisa berjalan aman dan lancar.

“Logistik aman dan mudah-mudahan tingkat partisifasi tinggi,” ucap Hilman singkat di lokasi TPS kepada Kompas.com, Sabtu (20/04/2019).

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Cianjur merekomendasikan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) harus digelar di enam kecamatan, yakni Mande, Karangtengah, Haurwangi, Cugenang, Tanggeung dan Gekbrong, karena adanya temuan surat suara yang tertukar.

Namun, terkait temuan di lima wilayah kecamatan lainnya, yakni Karangtengah, Haurwangi, Cugenang, Tanggeung dan Gekbrong yang juga sempat direkomendasikan untuk diadakan PSL, Bawaslu setempat menegaskan sudah klir, karena proses pemilihan saat itu tetap dilanjutkan.

Sedangkan di 5 TPS yang berlokasi di Desa Sukamanah, Kecamatan Mande proses pencoblosan untuk surat suara DPRD kabupaten saat itu (hari H coblosan) total dihentikan.

Baca juga: Surat Suara Tertukar saat Coblosan, 2 TPS di Mamuju Gelar Pemilihan Lanjutan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com