Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kecamatan di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Kompas.com - 07/03/2019, 07:23 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur Bandung sejak Rabu (6/3/2019) siang menyebabkan banjir di delapan kecamatan di Kabupaten Bandung pada Rabu malam.

Kedelapan kecamatan ini terdiri dari Kecamatan Dayeuhkolot, Pasawahan, Bojong soang, Baleendah, Rancaekek, Cileunyi, Katapang, dan Banjaran.

"Ketinggian muka air bervariatif mulai dari 20 centimeter hingga 180 centimeter," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Sudrajat dalam pesan singkatnya, Rabu (6/3/2019) malam.

Banjir ini tak hanya merendam 6.361 rumah warga di delapan kecamatan tersebut tapi juga 8 gedung fasiitas umum, 36 tempat ibadah, dan 7 gedung sekolah.

Baca juga: Banjir Bandang Madiun Meluas Masuk ke Ruas Tol JNK

Sekitar 108 kepala keluarga atau 364 jiwa, 61 lansia, 33 balita, 3 ibu hamil, 8 ribu menyusui, dan 4 disabilitas terpaksa mengungsi ditempat yang telah disediakan pihak BPBD yakni di Kantor RW 02 dan Shelter Kecamatan Dayeuhkolot, serta Gedung inkanas Kecamatan Baleendah.

Adapun upaya yang dilakukan BPBD melakukan pemantauan dan pengamatan serta mengirim bantuan logistik di tenda-tenda pengungsian.

Sementara itu, Koordinator humas dan Protokoler Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor mengatakan Tim Rescue SAR bandung diterjunkan menuju Andir, Kabupaten Bandung.

"Untuk mengevakuasi warga yang terkena banjir karena luapan sungai Citarum," jelasnya.

Baca juga: Banjir dan Tanah Longsor Terjang Gunungkidul, Belasan Orang Mengungsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com