Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekapitulasi KPU Kabupaten Trenggalek, Khofifah-Emil Unggul

Kompas.com - 04/07/2018, 23:01 WIB
Slamet Widodo,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TRENGGALEK, KOMPAS.com – Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur jawa Timur 2018 (Pilkada Jatim) telah selesai dilaksanakan pada Rabu (04/07/2018).

Hasil rekapitulasi ini tidak jauh berbeda dengan hasil akhir hitung cepat (quick count) KPU. Data rekapitulasi menyebutkan, pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Khofifah-Emil Dardak unggul atas lawannya yakni Gus Ipul-Puti Guntur dengan selisih 114.000 suara. 

Pantauan Kompas.com, rekapitulasi di tingkat kabupaten ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB hingga sekitar pukul 14.30 WIB di gedung Hotel Ja’as Permai.

Total suara sah dalam rekapitulasi ini sebanyak 386.126 suara. Adapun surat suara tidak sah sebanyak 8.559 surat suara. Total daftar pemilih tetap (DPT) di kota berjuluk kota keripik tempe ini sebanyak 576.560 orang.

Baca juga: KH Maruf Amin Akan Sambangi Khofifah dan Gus Ipul Setelah Penetapan KPU

“Jumlah total suara sah dan tidak sah adalah 394.715 suara. itu sama dengan jumlah surat suara yang digunakan dan jumlah pemilih yang menggunakan suaranya,” terang Ketua KPU kabupaten Trenggalek Suripto, Rabu. 

Golput

KPU Kabupaten Trenggalek mengakui jika dalam Pilkada Jatim tahun ini masih terdapat ribuan orang yang tidak menggunakan hak suaranya alias golput.

Tingginya angka golput disebabkan yang bersangkutan sudah meninggal dunia, pindah tempat, bepergian, dan bekerja di luar negeri namun namanya masih tertera di DPT. 

Pihaknya juga menjelaskan, rekapitulasi dalam rangkaian Pilkada Jatim ini hanya ada di tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten di Trenggalek, Jawa Timur.

Untuk tingkat desa, Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak mengelar rekapitulasi. Untuk itu, jika ada pihak yang menginginkan hasil rekapitulasi utamanya dari pihak paslon peserta pilkada, tentu akan diberikan setelah proses rekapitulasi tersebut selesai.

Baca juga: Lebaran ala Emil Dardak, Kursi Sungkem hingga Trenggalek yang Bikin Kangen

Kompas TV Polisi dari Polres Trenggalek, Jawa Timur, memusnahkan puluhan balon udara yang disita pada saat perayaan Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com