Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viking Sumedang: Di Stadion untuk Persib, di Pilkada Jabar Dukung Hasanah

Kompas.com - 12/04/2018, 17:47 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Komunitas suporter sepak bola Persib Bandung, Viking Sumedang, menyatakan dukungan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Tubagus Hasanudin dan Anton Charliyan.

Deklarasi dukungan dari Viking Sumedang terhadap pasangan nomor urut 2 Pilkada Jawa Barat 2018 itu dilakukan di kediaman Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar di Tanjungsari, Sumedang, Kamis (24/4/2018).

Ketua Viking Sumedang, Hendri mengatakan, deklarasi yang dihadiri tidak kurang dari 400 orang anggotanya itu sengaja digelar sebagai pernyataan sikap komunitas suporter sepak bola Sumedang di pesta demokrasi warga Jawa Barat.

"Di lapangan sepak bola (stadion) ketika Persib main, kita untuk Persib. Tapi di Pilgub, kita satu suara mendukung pasangan nomor 2,” ucap pria yang akrab disapa Ibro tersebut kepada wartawan, Kamis siang.

Baca juga : Serikat Pekerja Nasional di Jabar Dukung Pasangan Hasanah

Lebih lanjut Ibro memastikan, pihaknya akan segera menyosialisasikan sikap dukungan ini kepada anggotanya yang berjumlah lebih dari 5.000 orang dan tersebar di seluruh desa, kelurahan se-Kabupaten Sumedang.

Ibro mengatakan, sikap dukungan tersebut juga tidak terlepas dari arahan Manajer Persib Umuh Muchtar yang menilai pasangan Hasanah mempunyai kepedulian lebih kepada Persib di antara pasangan lainnya di arena Pilkada Jawa Barat.

"Dukungan ini juga arahan dari Pak Haji (Umuh Muchtar). Kita pasti akan melaksakan apa yang menjadi arahan Pak Haji, dan kita pasti solid melaksanakan arahan ini,” klaim Ibro.

Ibro berharap, Tubagus Hasanudin dan Anton Charliyan bisa segera datang menemui para anggota Viking Sumedang untuk bersilaturahmi di kediaman Umuh Muchtar.

"Kita berdialog, apa saja yang bisa kita lakukan untuk pemenangan Hasanah di Pilgub Jabar,” tuturnya.

Sementara itu, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar membenarkan dukungan tersebut. Dia mengatakan, pasangan Hasanudin-Anton memang menjadi pembeda di antara kontestan lainnya di ajang Pilkada Jawa Barat kali ini. Sebab, pasangan tersebut dinilai mempunyai karakter Sunda yang kental.

"Kita orang Sunda, ya pasti ingin orang Sunda yang memimpin Jawa Barat. Orang Sunda yang peduli dengan kemajuan Jawa Barat, khususnya peduli dengan prestasi Persib Bandung,” tuturnya.

Baca juga : Loyalis Jokowi di Sukabumi Siap Menangkan Hasanah untuk Pimpin Jabar

Meski begitu, Umuh membantah bahwa sikap dukungan ini menjual nama besar Persib Bandung. Dia mengatakan bahwa Persib bukanlah organisasi politik.

Tapi, kata Umuh, di ajang pesta demokrasi ini, bobotoh Persib juga mempunyai hak politik masing-masing.

"Saya juga bukan orang parpol. Saya orang independen. Tapi saya mempunyai sikap politik dan pendukung Persib tidak boleh anti politik. Dan, sikap saya adalah mendukung pasangan nomor 2 di Pilgub Jabar ini," tandasnya.

Kompas TV Berikut tujuh program unggulan Hasanah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com