Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Patung Bung Karno "Berseru" di PLBN Skouw, Banyak Warga Papua Nugini "Selfie"

Kompas.com - 17/08/2023, 19:16 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Patung proklamator Republik Indonesia, Ir Soekarno berdiri megah di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

PLBN Skouw itu sendiri terletak di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

Jurnalis Kompas.com, Roberthus Yewen, yang bertugas liputan khusus bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berkesempatan memotret patung tersebut.

Patung setinggi sekitar lima meter itu tepatnya berada di tepi jalan sebelum pintu gerbang perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Patung setinggi sekitar lima meter itu berkelir hitam dari peci hingga ujung kaki. Jas yang digunakan terpahat tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia berwarna merah putih. 

Baca juga: Ekspresi Para Siswa Pertama Kali Rayakan HUT RI di PLBN Skouw

Sang proklamator tampak berdiri tegak dengan tangan kanan menunjuk ke barat, sementara tangan kirinya mengempit tongkat komando.

Wajahnya dibuat seolah-olah Bung Besar-sapaan Soekarno-sedang berseru.

Patung itu terlindungi pagar besi setinggi pinggang orang dewasa. Dengan begitu, pengunjung tidak dapat menyentuhnya dan hanya bisa melihat serta mengabadikan fotonya dari luar pagar.

Pihak Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengungkapkan, patung Soekarno tidak hanya dibangun di PLBN Skouw, tetapi juga di beberapa PLBN.

Tujuannya, merawat ingatan masyarakat di beranda Nusantara akan sosok yang sudah mendirikan, memperjuangkan sekaligus mempertahankan kedaulatan NKRI.

Jadi daya tarik

Keberadaan patung Soekarno itu menjadi daya tarik tersendiri di samping bangunan PLBN Skouw yang cukup megah. 

Baca juga: Ketika Merah Putih Berkibar di PLBN Skouw...

Salah seorang warga bernama Yonathan mengungkapkan, patung itu tidak hanya menjadi daya tarik bagi warga Indonesia. Warga Papua Nugini yang sedang beraktivitas di Indonesia pun seringkali kedapatan berfoto dengan latar belakang patung tersebut.

"Tentu tidak hanya kita saja yang lihat dan berfoto dengan patung itu, tetapi juga warga Papua Nugini juga bisa," ujar Yonathan.

Yonathan pun merasa ada kebanggan tersendiri karena pendiri negaranya dapat dikenal oleh warga negara lain.

Warga setempat lain, Alldo F. Mooy menambahkan, alangkah baiknya apabila tidak hanya patung Soekarno saja yang dibangun di PLBN, tetapi juga patung Mohammad Hatta.

"Saya rasa perlu dibangun lagi patung Hatta di samping Soekarno. Sebab Indonesia mengenal dwitunggal yang memperjuangkan dan memproklamasikan bangsa Indonesia sebagai bangsa merdeka," ujar Alldo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com