Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang KBM Tatap Muka, Sekolah di Yogyakarta Diminta Lengkapi Fasilitas Protokol Kesehatan

Kompas.com - 27/11/2020, 23:30 WIB
Dony Aprian

Editor

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Santoso Asrori mengatakan, pihaknya sudah meminta seluruh sekolah segera melengkapi fasilitas protokol kesehatan.

Hal tersebut untuk persiapan jelang kembali digelarnya kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka tahun depan.

"November ini kita lakukan pemasangan wastafel, kemudian menambah jumlah thermo gun di sekolah, untuk melengkapi itu, agar siap melakukan pembelajaran tatap muka sewaktu-waktu," ujar Budi, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Gelar Sekolah Tatap Muka, Disdikpora Bantul Tunggu Izin Bupati dan Orangtua

Dikatakan Budi, Satgas Covid-19 di tiap sekolah sejauh ini sudah terbentuk.

Mereka akan ditugaskan untuk mempersiapkan fasilitas penunjang protokol kesehatan, sekaligus mengawasi jalannya KBM tatap muka.

"Sejauh ini, yang kurang mungkin alur keluar masuknya, kemudian tanda physical distancing juga harus dilengkapi. Tapi, itu akan kita lengkapi. Nanti kan kita akan sosialisasi ke sekolah ya, apa saja yang harus dilengkapi terpantau, selain wastafel dan thermo gun itu," katanya.

Menurutnya, untuk memulai kembali KBM tatap muka harus dilandasi dengan prinsip kehati-hatian.

Ia tak ingin penularan Covid-19 di lingkungan sekolah terjadi di Kota Yogyakarta.

"Setiap kegiatan, ketika siswa masuk bagaimana, proses pembelajarannya bagaimana, guru rapat bagaimana, ya itu harus ada SOP. Kita meminimalisir kemungkinan terjadinya penularan virus di sekolah," terangnya.

Baca juga: Gubernur Banten Sebut Sekolah Tatap Muka Dimulai pada Januari 2021

Sebelummya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, sampai saat ini, pihaknya masih menjalin kooordinasi dengan dinas pendidikan untuk menentukan skema pembelajaran tatap muka.

Sebab, lanjutnya, pelaksanannya harus diiringi protokol kesehatan ketat.

"Mudah-mudahan, dalam minggu ini buku panduan rencana pelaksanaan KBM tatap muka terbatas sudah jadi. Kita sebut terbatas karena memang terbatas jumlah peserta didiknya, terbatas jamnya dan terbatas meteri pembelajarannya," jelasnya.

 

 

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Jelang Dimulainya Sekolah Tatap Muka, Pemkot Yogyakarta Kebut Persiapan Fasilitas di Sekolah

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com